--> Skip to main content

Cara Print Excel Agar Tidak Terpotong


Mencetak sebuah dokumen word Nampaknya sudah banyak orang yang bisa melakukannya. karena caranya yang simple dan tidak ribet bahkan anak smp saja bisa melakukannya. Hal demikian sepertinya sudah biasa berbeda dengan kita saat hendak mencetak atau print dokumen dengan format file excel diperlukan setting atau pengaturan saat halaman akan di print. Misalnya kita ingin print sebuah tabel dengan berisikan data yang cukup banyak maka diperlukan pengaturan yang tepat agar menjadi satu halaman penuh saat hendak di print. Pada artikel kali ini saya akan berbagi informasi mengenai cara print atau cetak file excel tanpa terpotong. Berikut adalah langkah-langkahnya :

1. Pertama siapkan dulu file excel yang akan di print

2. Langkah berikutnya adalah silahkan blok area yang akan di print, kemudian klik pada page layout, klik print area dan pilih set print area.



3. Langkah selanjutnyan adalah pilih ukuran kertas, teman-teman bisa memilih ukuran kertas yang sesuai dengan keinginan. Pada contoh kali ini saya akan memilih kertas dengan ukuran A4


4. Setelah memilih ukuran kertas berikutnya adalah tentukan orientasi dari kertas apakah posisinya ingin portrait atau landscape dan kali ini saya pilih landscape.



5. Setelah itu teman teman tinggal preview halaman yang akan di print dengan cara klik icon preview di atas samping  kiri. Jika tidak terdapat icon preview silahkan teman teman klik tanda panah kebawah seperti  yang ditunjukan pada gambar  dan cari print preview kemudian klik. Maka icon preview akan muncul. Sekarang klik icon tersebut maka akan tampilannya akan seperti ini. 



6. Halaman yang terlihat masih terpotong menjadi dua, jika terjadi seperti ini teman teman jangan khawatir.


7. Silahkan kembali ke halaman tadi. Klik View – Pilih Page Break Preview maka tampilannya akan seperti dibawah ini


8. Akan terlihat garis putus putus berwarna biru, ini menandakan halaman yang akan di print terbagi menjadi 2. Page 1 dan Page 2. Untuk menjadikannya satu halaman silahkan klik dan tahan garis titik titik berwarna biru tersebut kemudian drag atau geser ke samping kanan sampai di ujung. Lalu klik kembali preview untuk melihat hasilnya dan sekarang halaman yang akan di print sudah tidak terpotong.  Itu artinya halaman tersebut tinggal kita print.


Demikian tutorial kali ini semoga bermanfaat 

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar