--> Skip to main content

Materi Kuliah Analisis Struktur Contoh Soal dan Kunci Jawaban - Teknik SIpil


Analisis struktur merupakan ilmu untuk menentukan efek dari beban pada struktur fisik dan komponennya. Adapun cabang pemakaiannya meliputi analisis bangunan, jembatan,perkakas, mesin, tanah, dll. Analisis struktur menggabungkan bidang mekanika teknik, teknik material dan matematika teknik untuk menghitung deformasi struktur, kekuatan internal, tekanan, reaksi tumpuan, percepatan, dan stabilitas. Hasil analisis tersebut digunakan untuk memverifikasi kekuatan struktur yang akan maupun telah dibangun. Dengan demikian analisis struktur merupakan bagian penting dari desain rekayasa struktur. (http://deviaazzahraoktaviani.blogspot.com)

Tujuan utama analisis struktur adalah untuk menentukan respons struktur terhadap berbagai kemungkinan beban yang akan bekerja selama masa layannya. Respons ini dapat berupa deformasi, perpindahan, aksi-aksi gaya ataupun tegangan-tegangan internal.

Dalam praktek, ada dua keadaan yang membutuhkan analisis struktur:

1. Keadaan pertama, ketika struktur yang sudah berdiri harus dianalisis agar bisa menaksir kapasitasnya. Sebagai contoh, analisis struktur jembatan yang dikehendaki untuk ditingkatkan batas bebannya, atau bangunan gedung yang semula dirancang untuk ruang kuliah kemudian setelah berdiri dikehendaki berubah menjadi ruang perpustakaan. Analisis struktur di sini menetapkan reaksi (respons) struktur terhadap sistem pembebanan yang bekerja.

2. Keadaan kedua, merupakan kondisi yang lebih umum, muncul sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari tahap-tahap proses perancangan bangunan secara keseluruhan. Merancang struktur adalah upaya mencipta dan memodifikasi konfigurasi fisik secara teratur sehingga struktur diperkirakan dapat memberikan respons yang sesuai dan akhirnya bisa berfungsi seperti yang dikehendaki. 

Dibawah ini saya share beberapa materi serta contoh soal dan penyelesaian mata kuliah analisis struktur. Materi ini sangat penting sekali untuk dipahami oleh mahasiswa teknik sipil. 


1. Materi lengkap analisis struktur [DOWNLOAD]
2. Analisis struktur tak tentu dengan metode force [DOWNLOAD]
3. Rangka batang dengan kesetimbangan titik dan ritter [DOWNLOAD]
4. Metode clyperon [DOWNLOAD]
5. Contoh soal dan jawaban beban merata dan terpusat [DOWNLOAD]
6. Contoh soal dan jawaban portal [DOWNLOAD]
7. Contoh soal dan jawaban analisis struktur [DOWNLOAD]
8. Analisis struktur 2 [DOWNLOAD]

FOLLOW US WITH SOCIAL MEDIA

Facebook
- Komunitas Autocad Indoensia (KLIK DISINI UNTUK BERGABUNG)
- Teknik Sipil Indoensia (KLIK DISINI UNTUK BERGABUNG)
Fanspage 
Laman Teknik Sipil (KLIK DISINI UNTUK IKUTI)
Telegram
Komunitas Teknik Sipil Indoensia (KLIK DISINI UNTUK BERGABUNG)
Whatsapp
Komunitas Teknik Sipil Indonesia (KLIK DISINI UNTUK BERGABUNG)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar