--> Skip to main content

Sangat Mudah! Begini Cara Daftar Kartu Pra Kerja di situs prakerja.go.id


Kartu pra kerja merupakan salah satu program Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk meningkatkan skill dan kemampuan para pencari kerja agar sesuai dengan kebutuhan industri. Program ini juga diperuntukkan bagi mereka yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK).

Kartu tersebut yang awalnya direncanakan rilis 9 April 2020 dengan alasan tertentu baru kemudian di rilis 11 April 2020 dan akan berakhir pada 16 April 2020 jam 16.00 untuk gelombang pertama. Jadi, bagi Anda yang belum daftar silahkan daftar dari sekarang. 

Dimundurkannya jadwal pendaftaran online ini dilakukan sebagai upaya memastikan layanan website prakerja.go.id  berjalan lancar dan aman, sehingga tidak terjadi kendala-kendala teknis saat pendaftaran online ini dimulai, kata Panji.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjelaskan jumlah peserta yang akan diterima pada gelombang pertama sebanyak 164 ribu orang. Kemudian, bagi peserta yang tidak terpilih pada seleksi gelombang pertama bisa mengikuti gelombang kedua tanpa mengikuti proses dari awal (Tidak perlu mengisi data dan tes lagi).

Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Denni Purbasari mengatakan program Kartu Prakerja akan menyasar sekitar 5,6 juta peserta di tahun 2020, dengan besaran bantuan pelatihan dan insentif yang diterima oleh masing-masing peserta sebesar Rp 3.550.000.

Syarat pendaftaran :
  1. Kewarganegaraan Indonesia (WNI)
  2. Usia minimal 18 Tahun 
  3. Tidak sedang menempuh pendidikan formal
Tahapan pendaftaran kartu prakerja :
1. Membuat akun  
  • Masuk ke situs www.prakerja.go.id 
  • Masukan nama lengkap, alamat email, dan buat kata sandi baru 
  • Cek email dari Kartu Prakerja dan ikuti petunjuk untuk konfirmasi verifikasi akun email. Setelah konfirmasi akun email berhasil, kembali ke situs Prakerja
2. Isi data diri 
  • Masuk ke akun dengan alamat email dan kata sandi yang baru dibuat tadi 
  • Masukan nomor KTP dan tanggal lahir, lalu klik "Berikutnya". 
  • Isi data diri dengan lengkap formulir kartu prakerja (nama lengkap, alamat email, alamat tempat tinggal, alamat domisili, pendidikan, status kebekerjaan, foto KTP, dan foto selfie dengan KTP), lalu klik "Berikutnya" Masukan nomor telepon dan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS
3. Ikuti tes 
  • Ikuti tes motivasi dan kemampuan dasar selama 15 menit. 
  • Siapkan alat tulis dan kertas bila perlu.
  • Tunggu email pemberitahuan dari Kartu Prakerja setelah menyelesaikan tes. 
  • Setelah mendapatkan email pemberitahuan, kembali ke situs, dan gabung ke gelombang pendaftaran. 
  • Setelah melewati tahapan cara mendapatkan Kartu Prakerja tersebut ( cara mendaftar Kartu Prakerja), peserta tinggal menunggu notifikasi apakah diterima atau tidak sebagai peserta Kartu Prakerja 2020.
      Setelah mengikuti program ini, setiap peserta mendapat insentif sebesar Rp 3.550.000 per orang. Namun hanya selama pandemi virus Corona (COVID-19). Rinciannya adalah bantuan pelatihan sebesar Rp1.000.000, insentif penuntasan pelatihan sebesar Rp 600.000 per bulan selama empat bulan, dan insentif survei kebekerjaan sebesar Rp 150.000.

     Perlu diketahui pencairan akan dilakukan setiap bulan selama empat bulan, yang dicairkan sebesar Rp 600.000 per bulannya. Sedangkan biaya Rp 1 juta menjadi modal peserta untuk membeli atau memilih menu keterampilan. Sedangkan insentif Rp 150.000 akan dibayarkan di bulan keempat setelah mengisi survei kebekerjaan.

Baca juga :
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar