Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TIDAK PERLU KONVERSI ONLINE INI DIA CARA MUDAH MERUBAH/ KONVERSI FILE PDF KE WORD (DOCX)


PENDAHULUAN

Dilansir dari Wikipedia, PDF tak lain merupakan singkatan dari Portable Document Format yang digagas sebagai salah satu penunjang dalam kegiatan membuat hingga mengedit dokumen.

File PDF sudah tidak asing lagi bagi kalangan tertentu seperti mahasiswa atau yang bekerja seperti kantoran karena file tersebut adalah sebuah format dokumen yang paling banyak digunakan dalam menyimpan sebuah panduan atau spesifikasi berupa softcopy. 

Dijaman sekarang banyak smasrtphone yang sudah support untuk membuka file pdf sehingga orang-orang bisa dengan mudah memanfaatkannya sebagai format untuk penyimpanan dokumen yang menurut mereka penting. Akan tetapi file pdf tidak bisa diedit jika dibuka menggunakan smartphone.

Bagi kalangan mahasiswa atau yang berpendidikan lainnya dalam mencari referensi atau sumber untuk bahan pembelajaran mereka diinternet tidak sedikit menemukan dokumen berformat pdf. Jika isi dari pdf tersebut merupakan sebuah privasi yang dilindungi biasanya pdf tersebut akan dikunci oleh pemiliknya sehingga kita hanya bisa membaca isi nya tapi tidak bisa mengcopy isi dari pdf yang terkunci tersebut.

Tidak sedikit pula orang-orang mencari berbagai cara untuk merubah atau mengkonversi pdf ke word (docx) agar memudahkan mereka dalam mengerjakan tugas. Diantaranya adalah dengan cara konversi online. Hal tersebut tentu sangat mudah karena hanya tinggal upload pdf kemudian menunggu dikonversi lalu di download dalam sudah dalam format word.

Namun perlu diperhatikan kebanyakan situs konversi pdf ke word yang saya jumpai lama-lama harus berbayar untuk bisa menggunakannya kembali karena chache atau history browser diperangkat yang digunakan sudah tersimpan di server web tersebut. Hal demikian membuat jadi terasa ribet, tapi kita tidak bisa menyalahkannya karena itu merupakan usaha pemilik situs untuk mendapatkan keuntungan.

Sebenarnya ada cara yang sangat mudah dan simpel tanpa mengeluarkan tenaga atau waktu lebih untuk merubah file pdf tersebut menjadi file word (docx). Syaratnya laptop atau komputer kita harus terinstal microsoft office minimal versi yang 2016 yang berisi microsoft word, powerpoint, excel dan lain-lain.

PEMBAHASAN 

Kita tidak perlu mengkonversi diinternet sehingga bisa menghemat kuota dan waktu. Caranya adalah membuka file pdf tersebut langsung menggunakan microsoft word. Klik kanan pada file pdf tersebut lalu pilih open with. Silahkan pilih microsoft word.

Setelah berubah menjadi file word maka sekarang kita bisa mengcopy isi dari dokumen tersebut.Perlu diingat jika sudah berubah dalam bentuk word biasanya format didalamnya tak jarang terlihat berantakan. Selain itu dokumen yang berisi rumus biasanya beberapa simbol rumus tidak terdukung yang ditandai dengan bentuk kotak kotak. itu hal yang wajar karena itu adalah efek dari proses konversi dari file yang berbeda. 

PENUTUP

itu dia cara merubah file pdf ke word dengan sangat mudah tanpa perlu konversi ke internet. Mungkin sebagian teman teman sudah mengetahuinya namun semoga bermanfaat dan menjadi wawasan bagi kalian yang baru mengetahuinya.

Posting Komentar untuk "TIDAK PERLU KONVERSI ONLINE INI DIA CARA MUDAH MERUBAH/ KONVERSI FILE PDF KE WORD (DOCX) "