--> Skip to main content

Sangat Mudah | Ini Dia Cara Membuat Video Timelapse Menggunakan Aplikasi Android

source : trikinet.com

Video Timelapse merupakan teknik pengambilan gambar yang difokuskan pada sebuah objek dalam bentuk proses perpindahan atau perjalanan objek tersebut dengan cara mengambil frame dengan interval waktu tertentu sehingga jika dikumpulkan menjadi bentuk video yang terlihat seperti dipercepat.

Untuk lebih mudah memahaminya kita biasanya sering melihat video perpindahan siang menuju malam atau sebaliknya hanya dengan durasi beberapa detik saja. Contoh lain kita bisa melihat video proses pembangunan sebuah konstruksi bangunan gedung dari awal sampai akhir hanya beberapa menit saja dan terlihat seperti dipercepat. 

Ada beberapa cara untuk membuat video timelapse. Kita bisa merekam objek menggunakan kamera atau Smartphone dengan meletakan perangkat tersebut menggunakan tripod dan biarkan merekam. Namun cara ini memiliki beberapa kekurangan yakni ketahanan baterai dan kapasitas memori yang terbatas.

Kita bisa menggunakan cara lain yakni dengan mengambil gambar objek tersebut pada jarak interval waktu tertentu sampai pada akhir waktu yang diinginkan. Namun pada cara ini perlu diperhatikan bahwa perangkat kamera atau smartphone harus selalu tetap tepat pada kesesuaian baik itu posisi dan arah yang sama mengarah tepat pada objek yang sedang diamati.

Selanjutnya dari kumpulan gambar tersebut edit disatukan sehingga menjadi berbentuk video yang menunjukkan perubahan atau perjalanan sebuah objek dari awal sampai akhir.

Cara berikutnya untuk membuat video timelapse adalah menggunakan aplikasi untuk HP Android atau Smartphone. Aplikasi tersebut bernama FrameLapse. Sobat bisa mendownloadnya DISINI.

Cara menggunakan aplikasi Framelapse. Ada beberapa menu pada framelapse. antara lain :

1. Playback, untuk memutar video timelapse yang sudah dibuat

2. Video Resolution, untuk memilih jenis resolusi video timelapse yang akan dibuat.

3. Frame interval, untuk menentukan jarak waktu saat proses pengambilan gambar (frame).

4. Video Duration, kita bisa menentukan berapa lama durasi video timelapse yang dibuat.

5. Setting kamera, kita bisa menyeting pengaturan kamera sesuai keinginan seperti kontras, self timer, filter, auto focous dan lain-lain.

Setelah membuka aplikasi framelapse silahkan pilih settingan yang kalian inginkan mulai dari resolusi video, interval frame dan seterusnya. Kemudian rekam dan letakkan smartphone ditempat yang telah ditentukan untuk mengamati objek. Saya menyarankan untuk durasi video pilih infinite saja agar durasi videonya tanpa ada batas. 

semakin besar interval waktu yang dipilih maka harus semakin lama juga kalian merekam agar mendapatkan hasil video timelapse yang maksimal. Dibawah ini adalah contoh dari video timelaps dengan interval frame 5 second.


 









Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar