Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi URL Terbaca 0 Di Peta Situs Webmaster Tool

Menuangkan isi pikiran dan direalisasikan kedalam bentuk artikel adalah sesuatu yang bernilai positif. selain itu menjadi sarana berbagi yang bisa mendatangkan manfaat bagi orang lain.

Membuat artikel dalam blog tentu saja adalah hal yang baik apalagi jika artikel tersebut dapat ditemukan oleh orang banyak.

Salah satu proses atau tahapan agar artikel blog kita muncul dalam pencarian mesin telusur seperti google, bing dan lainnya adalah mendaftarkan atau menghubungkannya dengan webmaster dari setiap mesin telusur baik itu google, bing dan lain-lain.

Seperti halnya blog ini ditautkan dengan webmaster tools agar setiap artikel yang diposting dapat muncul di pencarian google. Agar semua postingan artikel pada blog kita terdaftar untuk di index maka kita harus membuat peta situs di webmaster tools.

Peta situs adalah sebuah halaman dimana pada halaman tersebut berisi daftar keseluruhan alamat web yang menuju halaman artikel pada blog kita, bahasa sederhananya bisa dikatakan sebagai daftar isi dari blog yang kita punya.

Saya tidak akan menjelaskan bagaimana cara menghubungkan blog ke webmaster tools karena mungkin sudah banyak yang membahasnya dan itu tidak menjadi masalah buat saya. Disini saya hanya akan to the point yaitu bagaimana cara memasukkan sitemap ke peta situs webmaster

Sekian lama saya baru menyadari bahwasannya selama ini sitemap yang saya masukkan dalam peta situs webmaster url yang terbaca ternyata 0. Itu artinya setiap artikel atau postingan pada blog saya tidak akan terindex secara otomatis. Seperti yang kita tahu bahwa webmaster tools akan mencrawl url yang terbaca di peta situs dalam waktu tertentu.

Untung saja dari awal setiap saya membuat postingan artikel baru saya submit secara manual di halam uatama dashboard webmaster tools. Akan tetapi setelah saya baru mengecek kembali setiap halaman postingan artikel ternyata masih ada yang tidak terindex sampai sekarang padahal postingan artikel tersebut sudah dibuat sejak lama.

Saya menyimpulkan mungkin penyebabna adalah url pada sitemap situs saya terbaca 0 sehingga saat google mencrawl secara otomatis url pada situs saya tidak semua terbaca. Oleh karena itu saya berusaha memperbaikinya dan mencari referensi diberbagai sumber.

 


Setelah saya berusaha mencari akhirnya saya berhasil menemukan caranya. Jadi, pada saat memasukkan sitemap di peta situs tidak semua blog atau website situsnya terbaca semua. Memang benar sebagian langsung terbaca akan tetapi memasukkan sitemap.xml saja tidak cukup.

Jika saat kamu memasukkan sitemap.xml di peta situs dan url yang terbaca adalah 0 silahkan lakukan cara dibawah ini :

1.  Silahkan ketik di box url sitemap situs kamu. contohnya dibawah ini. Ganti domain taktiktekno.com sesuaikan dengan nama domain yang kamu punya.


2. Jika diblog lain terkadang nanti bakal muncul semua url postingan yang terdaftar diblog. Jika tidak ada maka akan muncul url sitemap seperti dibawah ini.

Jika sudah muncul silahkan copy url yang seperti dicontohkan pada gambar diatas yaitu sitemap.xml?=page1 dan sitemap.xml?=page2

3. Langkah selanjutnya buka lagi halaman peta situs pada dasboard webmaster tools. Nah, sitemap yang tadi di copy silahkan masukkan satu persatu maka hasilnya sekarang semua url di website kita akan terbaja sesuai jumlahnya.


Itu dia cara mengatasi url postingan blog terbaca 0 padahal sudah diindex. meskipun terbaca 0 tapi sebenarnya url postingan artikel kita masih terindex akan tetapi sesuai pengalaman saya ternyata ada postingan lama yang saya tidak sadari tidak terindex. 

Oleh karena itu sebaiknya pastikan jumlah url di petasitus terbaca untuk meyakinkan dan membuat kita tenang. Jika url yang terdeteksi sesuai dengan jumlah postingan diblog maka tak perlu khawatir kini semua url tersesbut akan tercrawl atau terindex secara otomatis dalam jangka waktu tertentu oleh robot google.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi URL Terbaca 0 Di Peta Situs Webmaster Tool "