Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Kebiasaan Yang Tak Di Sadari Membuat Kuota Internet Jadi Boros


Di jaman sekarang bagi pengguna smartphone Kuota internet menjadi masuk kedalam daftar kebutuhan yang harus dibeli. Dengan adanya internet anak-anak hingga orang dewasa bisa berselancar berinteraksi di media sosial dengan berbagai macam keperluan mereka baik itu bisnis, Pendidikan dan lain-lain.

Kuota internet bisa diartikan sebagai Batasan seseorang menggunakan internet operator seluler yang dipakai dalam jumlah dan waktu tertentu. Misalnya kuota 10GB dalam satu bulan menyatakan bahwa pengguna provider dapat mengakses internet melalui jaringan provider sampai batas data 10GB selama satu bulan.

Jika melebihi batas waktu akses internet akan terputus. Pun jika kuota sudah melebihi 10GB kurang dari satu bulan maka akses internet akan terputus. Oleh karena itu sebaiknya gunakan kuota internet sebaik dan sebijak mungkin.

Ada permasalahan yang banyak ditemui diantara banyaknya pengguna smartphone dalam hal penggunaan kuota internet. Sering kali kita melakukan hal yang sepele sehingga tanpa disadari berakibat pada berkurangnya kuota internet dengan cepat. 

Akibatnya kita harus membeli Kembali kuota padahal masa berlaku kuota sebelumnya masih belum habis. Berikut ini adalah beberapa hal yang tidak disadari dapat membuat kuota internet cepat habis :


1. Tidak memperhatikan kualitas video youtube

Perlu kamu ketahui jika sinyal pada smartphone itu stabil dan kuat maka saat kita menonton video di youtube otomatis akan secara otomatis menampilkan kualitas video yang paling tinggi.

Hal demikian bisa lebih menguras kuota internet sehingga cepat habis.Untuk mengatasinya saat memutar video diyoutube pilih settingan kualitas video yang cukup tidak terlalu tinggi. 


2. Aplikasi melakukan pembaruan tanpa kita ketahui

Beberapa aplikasi yang terinstal dalam smartphone tidak memberikan notifikasi sehingga kuota internet terpakai. Apalagi aplikasi tersebut tidak terlalu penting. Oleh karena itu sebaiknya hapus saja aplikasi yang sekiranya tidak diperlukan.

Untuk pengguna smartphone Xiaomi untuk mencegah pembaruan aplikasi silahkan pergi ke setting - pembaruan aplikasi – klik tombol setting di pojok kanan atas lalu pada menu pembaruan silahkan pilih jangan perbarui.


3. Pengaturan pada Whatsapp

Whatsapp adalah aplikasi yang paling banyak digunakan untuk berbagai keperluan berkomunikasi. Kita sering kali mengirimkan file berupa gambar, video, music dan lain-lain.

Pemborosan kuota internet dalam aplikasi whatsapp adalah terletak pada pengunduhan secara otomatis terhadap file gambar, video, dan music. Selain itu penyimpanan di galeri juga bertambah dengan sendirinya dengan file yang tidak kita butuhkan.

Oleh karena itu silahkan setting whatsapp dengan cara pergi ke setting - penyimpanan dan data – silahkan uncheck pengunduhan otomatis terhadap semua media baik itu gambar, audio, video dan dokumen. Dengan demikian kitab isa mengunduh file yang kita butuhkan saja terutama.


4. Beberapa aplikasi terkoneksi internet tanpa kita ketahui

Jika aplikasi yang terinstal di smartphone kit aitu benar-benar dibutuhkan tanpa ingin terhubung ke internet silahkan lakukan pembatasan jumlah aplikasi yang di izinkan terhubung keinternet dan blokir beberapa aplikasi yang tidak ingin terhubung ke internet. Caranya bisa kalian simak DISINI.

5. Membatasi Hotspot atau theatring

Berbagi koneksi internet adalah hal yang baik. Akan tetapi kita juga perlu mewaspadai penggunaan yang tidak wajar sehingga dapat menguras habis kuota internet kita.  Untuk mengawasi penggunaan data hotspot silahkan pergi ke pengaturan penggunaan data dan pilih theatering.


6. Tidak mematikan data internet Ketika smartphone tidak digunakan

Jika kamu hendak meninggalkan smartphone sebaiknya matikan paket data untuk menghemat kuota. Atau kamu bisa mengatur penggunaan paket data di jam tertentu saja. Selain itu sebaiknya paket data dimatikan Ketika kita hendak tidur dan nyalakan Kembali saat kita sudah bangun.

Itu dia beberapa hal yang tanpa kita sadari bisa menguras kuota internet sehingga cepat habis. Pada intinya lakukan sebijak mungkin dalam penggunaan kuota internet. Tidak berlama-lama nonton video di sosial media juga adalah Langkah yang baik. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "6 Kebiasaan Yang Tak Di Sadari Membuat Kuota Internet Jadi Boros"