Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghubungkan Joystick PS2 Ke PC Untuk Semua Game - 100% WORK

taktiktekno.com - Bermain video game adalah hal yang menyenangkan bagi semua orang untuk menghilangkan sejenak rasa bosan dan sekedar untuk menghibur diri dari segala macam hal yang menjadi beban pikiran. Selain itu bermain game bersama orang terdekat bisa meningkatkan ikatan kebersamaan.  

Bahkan di jaman yang serba canggih dan milenial ini bermain game tidak hanya saja menjadi sebuah hobi akan tetapi bisa menghasilkan uang bahkan sampai miliyaran rupiah hanya dengan bermain game baik itu dalam turnamen game atau dengan live streaming.

Beberapa perangkat game dari jaman dulu sampai sekarang yang kita kenal diantaranya adalah PlayStation, Xbox, PSP, Nintendo dan PC. Dari kesemua perangkat tersebut beberapa game console ternyata bisa dimainkan pada PC dengan menginstal software tertentu agar bisa memainkan gamenya.

Akan tetapi tidak semua PC atau laptop dapat memainkan semua game. PC atau laptop yang memiliki spesifikasi rendah tidak sembarang bisa memainkan game yang berbobot. Makanya jaman sekarang banyak muncul PC atau Laptop yang memiliki spesifikasi tinggi khusus untuk bermain game.

Tapi jangan khawatir meskipun begitu ada beberapa game yang memiliki spek ukuran rendah dan menengah yang bisa sobat mainkan di PC sobat. Intinya sesuaikan game yang ingin dimainkan dengan spesifikasi PC yang dimiliki.

Selain itu PC juga mendukung perangkat kontrol gamenya seperti joystick dari beberapa perangkat lain seperti joystik PS2, PS3, PS4 dan Xbox tentunya dengan menginstal terlebih dahulu driver atau software yang dibutuhkan contohnya adalah emulator.

Saya mencoba memainkan sebuah game PS3 atau PS4 menggunakan laptop yang saya miliki yaitu Asus A456U yang sudah saya upgrade. Meskipun termasuk golongan spek menengah laptop saya ternyata masih mampu memainkan game tersebut padahal pemakaiannya sudah masuk tahun ke 5. Jika sobat ingin tahu pengalaman saya selama pemakaian laptop ini silahkan klik disini

Joystik yang saya pakai adalah joystick PS2 yang untuk 2 player. Saya mencoba memainkan game PES 2021 menggunakan Joystick PS2 ternyata bisa dan berjalan dengan normal. Selain itu game GTA V juga bisa dimainkan dengan lancar menggunakan kontrol joystick PS2.

Kemudian saya mencoba game lain untuk dimainkan yaitu game Shift 2 Unleashed. Ternyata joystick yang saya pakai tidak bisa mengontrol atau tidak berfungsi untuk game tersebut. Sepertinya game-game terbaru PS3 atau PS4 versi PC lainnya juga sama tidak akan bisa dimainkan dengan joystick tersebut.

Saya tidak kehabisan akal, saya mencoba mencari cara bagaimana cara menghubungkan joystick ps2 ini ke PC. Ada 3 cara cara yang saya temukan yang masing-masing menggunakan software tambahan atau harus menginstal driver tambahan.

Cara yang pertama

saya mencoba menggunakan emulator joystick xbox 360. Programnya memiliki tampilan yang agak ribet juga setingannya kadang meleset saat sedang memainkan game kadang ada fungsi tombol yang tidak sinkron. Saya tidak akan share cara pengaturannya karena cara ini tidak berhasil saya lakukan meskipun mungkin ada juga orang yang berhasil menggunakannya.  

Cara kedua 

adalah menginstal lagi emulator versi lain. Cara yang saya temui ini juga menurut saya terbilang ribet karena harus banyak seting dengan sedemikian rupa. Intinya emulator ini menyetting atau lebih tepatnya menyalin fungsi kontrol di keyboard ke dalam joystick dengan cara di sinkronkan terlebih dahulu. 

Cara yang ketiga

Dari kedua cara diatas inilah langkah atau cara yang sangat simple serta benar berhasil dan sangat mudah dalam pengaturannya tanpa ribet. Cara ini juga sama menggunakan software tambahan yaitu emulator xbox360. Berbeda dengan cara pertama, software ini terlihat lebih simple dan mudah difahami tanpa banyak fungsi-fungsi yang membingungkan.

Dengan cara ketiga ini joystick ps2 akhirnya bisa berfungsi untuk memainkan game balap mobil Shift 2 Unleashed yang saya instal. Game lainpun seperti GTA V bahkan game yang bikin nostalgia yaitu metalslug bisa dimainkan juga. 

Karena cara yang ketiga ini 100% berhasil maka saya akan share kepada sobat. Caranya adalah sebagai berikut :

1. Download software atau aplikasi tambahan. Untuk mendownloadnya silahkan KLIK DISINI

2. Setelah berhasil didownload lalu ekstrak.

3. Sobat masuk dulu ke folder ScpDriver lalu klik kanan pada file bernama SscpDriver lalu pilih run as administrator. saat menginstalnya jangan lupa Cheklist force instal

4. Setelah berhasil terinstal sobat kembali ke folder sebelumnya lalu klik file XOutput. maka tampilannya akan seperti dibawah ini :

 


5. Langkah selanjutnya sobat pastikan terlebih dahulu joystick ps2 nya terdeteksi di pc sobat dengan melihatnya disamping kiri atas. Jika sobat menggunakan joystick yang untuk 2 player maka akan terdeteksi dan muncul seperti digambar berikut :


6.  Sobat lakukan terlebih dahulu setingan untuk joystik player 1 dengan cara klik tombol Add Controller, kemudian pilih edit.

 7. Setelah itu akan muncul tampilan untuk mengkonfigurasikan fungsi tombol di joystick. Sobat klik saja tombol configure lalu ikuti dengan menekan tombol di joystick sesuai arahan pada gambar yang muncul. setelah itu klik tombol save.

8. Sobat periksa tombol analog joysticknya dengan memastikan apakah tombol arah joysticknya benar sesuai dengan yang ditekan pada joystik dengan memperhatikan kotak yang berisi satu titik di pinggir atas sebelah kanan. Jika arahnya terbalik klik tombol invert

 

9. Jika sudah benar silahkan lakukan configure terhadap semua tombolnya sesuai dengan fungsi pada joystick. Jika mengkonfigurasikannya sudah selesai sobat ikuti setingan digambar dibawah ini dan pada force feedback pilih joystick 1.


Sobat tidak perlu klik configure all karena tadi sudah dikonfigurasikan. Kenapa di configure nya satu persatu karena jika ada fungsi tombol yang terbalik bisa langsung diperbaiki dengan benar. 

10. Selanjutnya sobat kembali ke halaman utama aplikasi. Klik kembali tombol add controller untuk joystick player 2. Lakukan kembali konfigurasi seperti pengaturan pada joystick 1.


 11. Selanjutnya sobat klik tools-setting pada tampilan aplikasi kemudian lakukan setingan seperti gambar dibawah :

 

12. Langkah terakhir sobat tinggal klik start pada kedua controller nya kemudian klik save configure pada tampilan bawah. Kemudian sobat bisa minimize atau klik tombol close juga tidak apa-apa karena akan berjalan dengan sendirinya.

Sobat tidak perlu khawatir jika nanti laptop atau pc sobat dimatikan. Saat dihidupkan kembali fungsi kontroller tersebut akan berjalan otomatis dan tidak perlu melakukan pengaturan ulang.

Jika sobat ingin mengedit kembali setingan tersebut sebelum membuka aplikasi xoutput sobat buka dulu task manager kemudian pilih pada xoutput silahkan klik kanan lalu pilih end task untuk menghentikan programnya. Jika sobat tidak melakukan langkah ini sobat tidak akan  bisa mengedit kembali setingan joysticknya.

Itu dia cara menghubungkan joystick ps2 ke pc yang bisa berlaku untuk memainkan semua game versi pc yang sobat ingin mainkan. Cara ini sangat mudah dan simple jika sobat teliti memperhatikan cara diatas. Lama-lama sobat juga akan sangat faham dalam melakukan setingan untuk kedepan.

Bagi sebagian orang mungkin cara satu atau dua juga sangat mudah itu tergantung masing-masing saja yang jelas saya membagikan apa yang saya alami. Jika dirasa postingan ini sangat bermanfaat silahkan sobat bagikan kepada teman-teman jika ada yang mengalami kesuitan tentang cara menghubungkan joystik ps2 ke pc atau laptop.

Posting Komentar untuk "Cara Menghubungkan Joystick PS2 Ke PC Untuk Semua Game - 100% WORK"