Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 PELAJARAN HIDUP YANG PERLU DITERAPKAN DALAM BLOGGING

Blogging adalah suatu perjalanan atau pengembaraan panjang dari pemikiran, kerja keras, sekaligus penerapan kesabaran. Kita tidak akan mendapatkan suatu yang berharga dalam blogging secara singkat, namun semua itu perlu dijalani, dipelajari, difahami, diterapkan, dan menikmati hasilnya. 

Semua mengacu pada usaha dan pembelajaran disertai kesabaran dalam penerapannya. Tidak ada shortcut dalam dunia blogging. Semua perlu tindakan untuk diwujudkan. Intinya kita tidak pernah tau, kalau tidak menjalani. 

Kita juga tidak akan pernah berhasil bila tidak pernah belajar dan memahami. Inilah dunia dalam dunia yang mempunyai tatanan dan aturan tersendiri. Maka, renungkanlah 5 pelajaran hidup berikut ini.

Hidup untuk Belajar dan Berbagi

Saya masih ingat ketika dulu masih kecil, orang tua saya sering mengingatkan untuk belajar dan mau berbagi. Manusia perlu belajar untuk pintar atau memahami sesuatu. Manusia belajar bukan untuk bekerja, namun mengetahui sesuatu. 

Dengan pengetahuan itulah manusia dapat menciptakan suatu pekerjaan atau bekerja dengan pengetahuannya. Begitu juga dengan blogging. Ia memerlukan pengetahuan mengenai seluk beluk dalam dunianya. 

Misalkan kamu ingin membuka blog bisnis, maka belajarlah tentang bisnis online. Kalau hanya mengandalkan perkiraan tanpa didasari pengetahuan, maka blog kamu akan sia-sia. 

Kalau anda nantinya menjadi faham secara mendalam, maka berbagilah. Karena hidup bukan hanya untuk pengetahuan semata, namun berbagi pengetahuan sehingga lebih berarti.

Jadilah Manusia Kreatif

Dulu saya pernah dijejalkan pengertian bahwa belajar adalah untuk menjadi orang siap pakai di masa depan. Akhirnya saya sadari, orang yang mengatakan itu berdasarkan perkiraan. 

Seandainya perkiraan orang tersebut meleset atau salah, akhirnya kita tidak siap dengan masa depan bahkan mungkin menjadi orang-orang tertinggal dan kalah. 

Akhirnya saya memahami, kalau belajar itu untuk menjadi orang kreatif dan bisa membuat pekerjaannya sendiri. 

Orang siap belum tentu siap terhadap semua rintangan, tapi orang kreatif pasti bisa menyelesaikan masalah yang dihadapi. Begitu juga dengan blogging, jadilah orang kreatif, sehingga anda dapat menciptakan solusi untuk dunia blogging yang dijalani.

Bercita-cita Menjadi yang Terbaik

Dulu saya sering mendengar "gantungkan cita-citamu setinggi langit". Sebuah kata yang muluk namun sulit untuk diwujudkan. 

Oleh karena itu lebih baik mempunyai cita-cita menjadi yang terbaik, karena dengan begitu kamu akan memahami kebutuhan akan belajar dan menerapkannya pada bidangmu sendiri. 

Dengan mempunyai cita-cita menjadi yang terbaik, kamu harus belajar dan menjadi kreatif. Jangan pernah bermimpi, karena mimpi hanya hambatan bagi kemajuan kamu. 

Buktikan dengan tindakan dan yakin kalau kamu bisa. Begitu juga dalam dunia blogging, jadilah yang terbaik. Kalau kamu tidak mampu, belajarlah terus untuk menjadi lebih baik dalam menjalaninya.

Buang Jauh-jauh Kebosanan

Sesungguhnya bosan adalah sifat manusia yang paling lemah. Ia menyusup dalam batin dan pemikiran dengan membawa segala macam alasan. 

Kamu harus melawan segala macam alasan dengan satu alasan, yaitu mengapa kamu harus bergerak maju? Kalau tidak, kamu akan ditinggalkan dan habislah sudah. 

Bagitu juga dengan blogging, bahwa kita tidak boleh malas. Kalau  mau berhasil, kamu harus bekerja keras. Tidak ada cara instan dalam dunia blogging. Semua perlu perjuangan dan doa dalam meraih cita-cita. Terus belajar dan bergerak maju untuk meraih kesuksesan.

Sabar dan Yakin dengan Apa yang Dilakukan

Sebagian kunci keberhasilan adalah sabar dan yakin. Banyak orang yang tidak sabar dalam belajar. Hasilnya hanya sejajar, tapi tidak bisa mengejar. 

Banyak orang tidak yakin dalam usaha dan perbuatan, hasilnya hanya kegagalan. Begitu juga dengan sabar dan keyakinan yang kamu miliki dalam dunia blogging, ia merupakan sahabat perjalanan untuk menuju cita-cita terbaik, yaitu keberhasilan.

Ingat dan camkan ini baik-baik...!!! Kamu harus melawan segala macam alasan dengan satu alasan, yaitu kamu harus bergerak maju! Kalau tidak, kamu akan ditinggalkan dan habislah sudah.

Apapun yang kamu lakukan, mulailah dengan belajar, berbagi, kreatif, menjadi yang terbaik, tidak bosan, sabar, dan yakin. Maka dengan semua itu, sukses dapat diraih. 

Sama halnya dengan berpikir, berencana, melakukan atau berbuat, menikmati, dan bersyukur, maka hidup kamu akan lebih berarti. Bukan umur panjang yang harus kamu pinta, namun sebesar apakan manfaat kebaikan dalam hidup. 

Bukan seberapa banyak keuntungan yang kamu dapat melalui blog, tapi seberapa banyak manfaat ilmu bagi orang banyak. Itulah dunia blogging dan manfaat dari pelajaran hidup yang dapat kamu terapkan. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Salam sahabat blogger.


SEMANGAT BLOGGING

Posting Komentar untuk "5 PELAJARAN HIDUP YANG PERLU DITERAPKAN DALAM BLOGGING"