Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Cara Menghindari Penipuan Lowongan Kerja

Internet tak hanya dimanfaatkan sebagai media informasi dan bisnis, tetapi juga ada yang menggunakan internet untuk melakukan tindakan penipuan. Salah satu penipuan yang banyak beredar di internet adalah penipuan lowongan kerja.

Banyak situs yang menawarkan lowongan kerja dengan gaji besar dan kerja ringan, sebut saja data entry. Ada banyak sekali situs yang menawarkan iming-iming gaji hingga ratusan ribu dalam sehari hanya dengan kerja mudah. Siapa yang tidak tergoda dengan tawaran seperti itu? Tapi, jangan mudah tergoda, apalagi Anda diharuskan untuk membayar di awal sebagai persyaratan.

Berikut ini adalah tips menghindari penipuan lowongan kerja.

1. Bila Anda sedang mencari kerja baik di media cetak maupun media online, perhatikan deskripsi iklan lowongan kerja yang dicantumkan. Bila Anda merasakan ada yang janggal, jangan hiraukan lowongan pekerjaan tersebut.

2. Jangan hiraukan iklan lowongan pekerjaan dengan iming-iming bekerja di BUMN atau institusi pemerintah karena ini bisa saja merupakan strategi penipuan agar Anda membayar sejumlah uang sebagai biaya pelatihan atau tes.

3. Bila Anda mendapatkan kiriman email panggilan kerja dari suatu perusahaan, selidiki perusahaan tersebut terlebih dahulu, bisa via internet, tanya teman atau saudara atau Anda bisa datang ke lokasi perusahaan guna mengobrol dengan karyawan perusahaan tersebut.

4. Waspadalah dengan lowongan pekerjaan yang mengaku sebagai perusahaan besar tetapi tidak mempunyai alamat email resmi perusahaan dan hanya dengan menggunakan email gratisan.

5. Waspadalah dengan lowongan kerja yang mencantumkan bahasa iklan berlebihan, misalnya “segera melamar”, “lamaran ini terbatas” atau “tidak perlu pengalaman”.

6. Bila Anda datang ke sebuah perusahaan untuk wawancara tetapi di bagian front office dimintai biaya pendaftaran atau uang formulir dan sebagainya, segera batalkan niat Anda wawancara dan tinggalkan perusahaan tersebut. Logikanya, orang kerja untuk digaji, tapi kalau belum bekerja saja sudah dimintai uang, sebaiknya batalkan niat Anda untuk bergabung ke perusahaan tersebut.

7. Hindari perusahaan yang memerlukan karyawan tetapi meminta ijazah asli Anda sebagai barang jaminan.

8. Bila suatu ketika Anda diterima kerja dan harus menandatangai kontrak kerja, pelajari isi kontrak tersebut agar ke depannya tak terjadi kesalahpahaman yang dapat merugikan Anda.

Itulah 8 tips menghindari penipuan lowongan kerja yang seringkali menimpa pencari kerja. Ingat dan pikirkan lagi sebelum menerima kerja yang tampak mudah dengan gaji besar, seperti telecommuting, work freely with bound rules,  data entry job, bisnis rumahan, atau MLM untuk menghindari penipuan lowongan kerja.

Posting Komentar untuk "8 Cara Menghindari Penipuan Lowongan Kerja"