Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Laptop Atau Komputer Lemot

Cara Mengatasi Laptop Atau Komputer Lemot - Permasalahan laptop atau komputer yang lemot menjadi masalah yang paling banyak dialami saat ini. Tentunya akan sangat merugikan usernya, akan banyak pekerjaan yang akan terlantar apabila laptop yang dipakai lemot.

Berikut adalah beberapa penyebab kenapa komputer atau laptop menjadi lambat, agar nantinya bisa mengatasi masalah ini dengan sendirinya. Yuk disimak :

1. File temp. yang terlalu besar

Ketika kita mengakses Internet melalui komputer kita, maka komputer akan menyimpan beberapa data ke dalam folder temp. ketika folder ini sudah menumpuk maka akan bisa menyebabkan kinerja laptop menjadi lemot. Cara menghapusnya bisa dengan menggunakan software CCleaner. Instal dahulu software ccleaner yang sudah di download tadi, buka aplikasi ccleaner, lalu klik analyze, tunggu sampai proses selesai. Setelah itu, untuk membersihkan file temp, klik tombol run cleaner.

2. Terlalu banyak program yang terinstal 

Terkadang kita kurang memperhatikan poin ini, kita sering menginstall software-software yang sekiranya tidak terlalu penting bagi pekerjaan kita. Akibatnya, komputer akan menjalankan banyak sekali program pada saat komputer pertama kali dihidupkan. Jelas ini sangat membebani komputer. Cara mengatasinya sangat mudah, anda bisa uninstall aplikasi yang tidak terlalu penting pada control panel atau mendisable aplikasi tersebut agar tidak berjalan ketika komputer dihidupkan, caranya buka software Ccleaner => pilih tab tool => startup => disable aplikasi yang tidak terlalu penting.

Kemudian, anda juga bisa menguninstall program-program tidak jelas yang ada pada komputer anda melalui control panel. Klik Windows, klik Control Panel, klik uninstall program, lalu pilih program yang tidak terpakai untuk di uninstall.

3. Spesifikasi komputer lebih rendah dari spesifikasi yang dibutuhkan oleh aplikasi

Jika komputer anda sudah bisa bekerja mulus tetapi pada saat bermain game komputer anda terasa sangat berat danlambat, itu berarti game yang anda jalankan membutuhkan spesifikasi yang lebih tinggi lagi. Usahakan untuk melihat 'system requirement' game tersebut agar anda bisa membandingkannya dengan kemampuan komputer anda.

4. Spesifikasi komputer sudah terlalu jadul

Ini adalah kasus yang paling umum. Spesifikasi komputer yang anda gunakan perlu diupgrade agar komputer bisa berjalan lancar. Usahakan komputer anda sudah menggunakan processor dual core dan ram minimal sebesar 2GB.

5. Kerusakan pada komponen komputer 

Komputer anda bisa melambat kinerjanya jika terjadi kerusakan pada komponen komputer, contohnya pada hardisk. Hardisk adalah komponen yang paling peka. Contohnya adalah hardisk bad sector. Komputer anda akan berjalan sangat lambat sekali jika terjadi kerusakan seperti ini. Solusinya adalah mengganti dengan hardisk baru.

6. Karena virus 

Biasakan untuk selalu mengupdate database antivirus anda untuk menghindar serangan virus yang bisa memperlambat kinerja komputer anda.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Laptop Atau Komputer Lemot"