Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

HP Satelit dan Cara Kerjanya

Hp satelit merupakan alat yang penting jika kita sedang berada didalam hutan dan tidak terjangkau oleh jaringan seperti telkomsel dll. Saya sendiri pernah merasakan bekerja ditengah hutan dan tidak mendapatkan signal dari telkomsel ini, kemudian saya mencari tahu, bagaimana caranya agar dapat berkomunikasi meskipun tidak ada signal handphone seperti umumnya. 

Saya menemukan solusi seperti Telepon satelit. Telepon satelit adalah layanan telepon yang tidak terikat dengan kabel dan BTS nya bukan tower sering kita lihat di jalan-jalan. BTS (Base Transceiver Station) nya berada di udara, sehingga jangkauan dari telepon satelit ini jauh lebih luas. 

Karena jangkauannya lebih luas, telepon satelit ini biasana digunakan didaerah tanpa signal GSM seperti pergunungan, daerah perdalaman hingga ditengah laut. Tujuan dibuat hp satelit adalah sebagai jembatan komunikasi bagi mereka yang tidak terdapat signal GSM agar dapat tersambung ke jaringan lainnya seperti telepon rumah maupun telepon genggam.

Contohnya menghubungkan station pengeboran minyak lepas pantai dengan kantor pusat. Ada 2 jenis telepon satelit yang beredar saat ini, yaitu : 

1. Telepon Satelit Genggam 

Telepon satelit ini persis seperti telepon genggam atau hp pada umumnya, hanya saja memiliki antena untuk tehubung ke satelit langsung. Perkembangan dunia teknologi saat ini yang semakin maju membuat telepon satelit pun saat ini sudah memiliki sistem android. contoh saja Thuraya SatSleeve yang sudah daapt digabung dengan Iphone dan Samsung. Bayangkan kalian ditengah hutan, tanpa ada signal GSM dan internet, kalian masih dapat mengupdate status. 

2. Telepon Satelit Menetap 

Jenis telepon ini mirip dengan telepon yang berada di rumah, antena dari telepon ini berada di luar ruangan dan terlihat dari langit. Harga dari hp satelit tidak jauh berbeda dengan smartphone kelas menengah yang beredar dipasaran, yaitu berkisar antara $400-$1000 an. 

Telepon satelit memiliki 2 sistem jaringan yang dikenal saat ini, yaitu : 

1. Sistem Geosynchronous, adalah sistem satelit yang tetap diam dan tidak bergerak dengan mengikuti orbit bumi yang kemudian terhubungan ke jaringan si pengguna telepon satelit. Umumnya satelit berada 30.000 km dari permukaan bumi dan posisi satelit tidak berubah (tetap) 

2. Low Earth Orbit (LEO), adalah sistem dimana satelit terus berubah-ubah tempat karena jumlah satelit yang banyak. 

Satelit berputar selama 1 sampai 1,5 jam dan dibutukan beberapa buah satelit untuk mengcover seluruh permukaan bumi. Berbeda dengan sistem Geosynchronous, sistem ini hanya memerlukan jarak antara 600 km hingga 1100 km diatas permukaan bumi. 

Keuntungan hp satelit adalah jangkauannya yang luas khususnya didaerah terpencil yang tidak terjangkau oleh jaringan GSM seperti daerah pertambangan dan pengeboran minyak lepas pantai.

Kelemahan dari hp satelit adalah biayanya yang mahal, tetapi hal tersebut bukanlah kendala bagi mereka yang bekerja di pertambangan dan perminyakan yang memiliki kantong tebal, untuk menelepon saja, harus mengeluarkan biaya $15 permenit.


Posting Komentar untuk "HP Satelit dan Cara Kerjanya"