Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Optimasi Artikel dan Kata Kunci

Logika Dasar Optimasi Artikel dan Kata Kunci

Beberapa hal yang harus diperhatikan ketika menerapkan optimasi seo on page agar dapat bersaing baik pada mesin pencari. Hal ini lebih penting dari hanya sekedar meta tag dan tricks seo lainnya. Walaupun anda menerapkan semua teknik seo, tapi tidak ada jaminan mendapatkan kebaikan dari semua kerja tersebut, karena kerja semua tricks juga terbatas. 

Jadi alternatifnya, kita harus maksimalkan blog melalui optimasi artikel dan kata kunci, Cara ini lebih kongkrit dibanding menanam link kesana kemari yang bisa membahayakan situs anda sendiri. Baiklah apa saja yang harus perhatikan terhadap artikel dan kata kunci, ikuti beberapa tips optimasi artikel dan kata kunci berikut.

Artikel yang baik

Artikel yang bagus merupakan modal utama. Anda dapat memiliki semua kata kunci populer, tetapi jika konten tidak baik, maka orang tidak bertahan lama pada situs anda dan mesin pencari tidak akan menganggap situs anda berharga. Spider akan repot mendeteksi tata bahasa yang jelek dan cenderung mengabaikan artikel tersebut.

Artikel yang unik

Artikel unik akan membedakan anda dengan konten lainnya. Banyak konten yang bertajuk sama namun keunikan akan membedakan konten anda sebagai penulis yang baik dan dapat dijadikan referensi. Usahakan bikin konten yang beda dengan lainnya, dan mempunyai karakter diri sendiri. Ini yang akan membuat anda berbeda dan penting dimata mesin pencari.

Update artikel secara berkala

Situs yang memiliki artikel baru akan dilihat sebagai situs penting dan handal. Semakin banyak konten yang relevan maka hasilnya semakin baik dan akan meningkatkan peringkat situs. Sebaik dan seunik apapun tulisan anda, jika konten anda jarang di update, itu sama saja kerja sia-sia.

Pilih kata kunci populer, tapi tidak terlalu populer

Gunakan kata kunci populer namun tidak terlalu populer. Hal ini mungkin tampak kontra-intuitif, tetapi kenyataannya bahwa kata kunci yang sangat populer akan banyak saingan dan sulit jika ingin menempati posisi yang baik pada mesin pencari. Silahkan baca artikel Riset Kata Kunci sebagai referensi.

Gunakan kata kunci dalam judul

Judul adalah salah satu tag yang paling penting pada halaman Web. Menempatkan kata kunci dalam judul, adalah hal terbaik untuk mesin pencari. Hal ini sama saja anda menempatkan kata kunci sebagai link dalam indeks mesin pencari. Silahkan baca Rahasia Optimasi Kata Kunci untuk pembahasan lebih lanjut.

Pergunakan kata kunci kombinasi

Gunakan kata kunci kombinasi untuk memaksimalkan hasil pencarian. Hal ini akan memungkinkan kata kunci muncul ketika pengunjung mengetik kata kunci pada kolom pencarian. Misalnya saya menggunakan kata kunci "seo", maka saya akan menggabungkan kata kunci menjadi kalimat pendek "seo artikel dengan kata kunci". Hal ini dapat menjaring beberapa frase kecil dari kata kunci yang dicari pengunjung, sekaligus untuk membedakan kata kunci yang digunakan terhadap konten yang sama pada blog lainnya. Ini akan menjadi ciri khas tersendiri terhadap kata kunci yang digunakan. Silahkan baca Rahasia Optimasi Kata Kunci untuk pembahasan lebih lanjut.

Gunakan domain dengan kata kunci

Ketika membuat sebuah blog atau membeli domain, pertimbangkan kata kunci dalam domain situs, karena ini akan lebih cepat terindek dalam mesin pencari. Misalnya situs tentang tutorial seo, maka lebih baik seotutorial.com atau seotutorial.blogspot.com. Ini merupakan trick untuk memaksimalkan kata kunci dalam artikel nantinya, sehingga lebih kuat. Silahkan baca Rahasia Optimasi Kata Kunci untuk pembahasan lebih lanjut.

Gunakan Kata Kunci dalam tag h1, h2, dan h3

Menggunakan kata kunci dalam tag h1, h2, dan h3 akan lebih memperkuat blog dan konten anda. Kebanyakan hal ini tidak diperhatikan oleh blogger, padahal tiga tag tersebut sangat penting dalam menentukan penggunaan kata kunci dan optimasi artikel pada mesin pencari. Contoh penggunaan kata kunci pada tag h1, h2, dan h3 dapat dibaca pada artikel Penerapan Heading Dinamis Blogspot.

Pertimbangkan kepadatan kata kunci

Rasio kata kunci dibanding seluruh teks pada artikel sama dengan kepadatan kata kunci. Sangat penting untuk mengulang kata kunci dalam artikel, tapi tidak terlalu banyak. Gunakan kata kunci antara 3 - 7 persen untuk kata kunci utama dan 1- 2 persen untuk setiap kata kunci sekunder (kata kunci kedua atau kata kunci pendamping). Ingat jangan membuat anchor text (link pada kata kunci) terlalu banyak karena bisa dianggap spam. Gunakan seperlunya.

Posting Komentar untuk "Tips Optimasi Artikel dan Kata Kunci"