--> Skip to main content

9 Kesalahan Yang Banyak Dilakukan Orang Saat Melakukan Diet



Mempunyai badan yang ideal tentunya menjadi dambaan semua orang yang ingin terlihat lebih menarik dan dapat menjaga rasa kepercayaan diri ketika berhadapan dengan orang lain. Khususnya untuk kaum wanita jika sedikit saja badan mengalami kenaikan biasanya wanita menjadi kelabakan apalagi berat badannya naik secara drastic maka reaksinya menjadi tambah panik. Oleh karena itu dilakukanlah yang namanya diet. Kebanyakan orang awam salah mengartikan diet yang sebenarnya, mereka berfikir bahwa diet tidak mengkonsumsi makanan dan membiarkan diri menjadi lapar agar perut berubah mengecil, padahal itu adalah tindakan yang salah dan jika berlebihan bisa menimbulkan dampak buruk bagi tubuh serta kesehatan.
                Diet sehat yang baik adalah tetap mengkonsumsi makanan tetapi caranya dengan menjaga porsi serta asupan makanan yang masuk kedalam tubuh. Tidak memakan makanan yang sifatnya junk food serta tidak melupakan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Berikut ini adalah kesalahan yang banyak dilakukan saat melakukan diet :

      1.       Menghindari makanan yang mengandung Karbohidrat

Biasanya orang yang melakukan diet sering atau bahkan banyak menghindari makanan yang mengandung karbohidrat seperti nasi, roti umbi-umbian dan lain-lain, padahal tindakan itu merupakan langkah yang salah karena karbohidrat merupakan salah satu sumber tenaga bagi tubuh manusia. Untuk yang melakukan diet mengkonsumsi karbohidrat bisa dicukupi dengan porsi yang tidak berlebih cukup untuk memberi tenaga saja bagi tubuh.


      2.       Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang megandung protein

Protein tentu saja sangat bermanfaat bagi tubuh, akan tetapi jika mengkonsumsi protein terlalu banyak itu malah akan berubah menjadi lemak, tentu saja akan menjadi sebuah hambatan saat berdiet.


      3.       Menghindari sarapan

Hal ini juga merupakan sebuah persepsi yang keliru, sarapan merupakan waktu pertama yang digunakan untuk mengisi nutrisi bagi tubuh untuk menjalani aktifitas sepanjang hari. Sarapan yang ideal dan sehat biasanya tidak mengkonsumsi nasi akan tetapi dengan mengkonsumsi roti, telur serta buah-buahan secukupnya.


      4.       Begadang

Begadang akan membuat kita menjadi lapar sepanjang malam sehingga kita merasa harus makan banyak sebelum tidur. Tidur yang normal biasanya 8 jam, jadi hindarilah begadang yang tidak ada manfaatnya.


      5.       Melupakan minum air putih

Minuman bagi orang diet biasanya adalah berup jus buah-buahan. Akan tetapi jangan berlebihan sampai-sampai melupakan minum air putih. Air putih sangat bermanfaat bagi tubuh apalagi bagi orang yang diet serta orang yang menjaga kesehatan kulit agar terlihat awet muda.

               
      6.       Kesalahan dalam berolah raga

Selain harus memperhatikan dalam asupan makanan dalam tubuh, hal yang harus diperhatikan lainnya adalah olahraga. Orang yang berdiet juga disarankan tetap melakukan olahraga secara teratur serta tidak berlebihan karena akan mengakibatkan stress. Berolahragalah secara rutin 3-4 kali dalam seminggu.


      7.       Terlalu berfokus pada aturan diet

Dala berdiet tentu saja ada beberapa aturan yang haru dijalani seperti memperhatikan pola makan serta olahraga. Namun jika terpaku pada aturan semacam itu maka bukannya hasil yang baik didapatkan malah ketakutan dan takut gagal yang ada di benak. Aturan memanglah baik akan tetapi jika kita mengabaikan hal yang memang harusnya kita jalani secara normal itu akan membuat hasil diet tidak akan maksimal serta bisa saja malah mengakibatkan kesehatan jadi terganggu.


      8.       Terlalu percaya dengan obat atau pil penurun berat badan
   
Tidak ada hasil yang bisa dicapai denga cara yang instan semuanya butuh proses dan usaha yang maksimal. Mengkonsumsi pil penurun berat badan tidak menjamin akan memberikan hasil yang memuaskan jika tidak dibarengi dengan usaha yang maksimal pula seperti olahraga, jaga nutrisi bagi tubuh serta mengkonsumsi buah-buahan tentu saja semuanya dilakukan dengan tidak berlebihan. Mengkonsumis pila tau obat penurun berat badan boleh saja aka tetapi jangan sampai melupakan hal penting lainnya karena obat biasanya dibuat dengan bahan kimia yang jika di konsumsi berlebihan justru  bisa membahayakan.

      9.       Tidak Sabar selama  berusaha

Usaha yang baik dan tidak tergesa-gesa juga merupakan salah satu kunci sukses dalam berdiet. Bersabarlah dan nikmati saja prosesnya. Jika usaha kita maksimal maka hasilnyapun akan maksimal karena yang namanya usaha tidak akan pernah menghianati hasil.


Diet merupakan cara yang sangat baik untuk menurunkan berat badan. akan tetapi jika melakukannya dengan tidak benar serta mengabaikan kaidah-kaidah kesehatan yang seharusnya dilakukan dalam batas wajar itu akan membuat hasil yang tidak sempurna. Lakukanlah diet dengan baik dan jangan mengabaikan kesehatan tubuh.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar