--> Skip to main content

Cara Menghitung Berat Badan Ideal dengan Sangat Mudah



Mempunyai berat badan yang ideal tentu saja menjadi dambaan bagi semua orang. Sehingga banyak sekali orang yang berlomba-lomba dengan melakukan berbagai cara untuk mendapatkannya. Namun apakah anda tahu tubuh ideal itu seperti apa?
Perlu di ketahui bahwa setiap orang mempunyai tubuh ideal masing-masing. Jika anda merasa tubuh anda tidak ideal karena melihat pada bentuk tubuh belum tentu itu menjadi patokan. Kebanyakan orang melihat secara subjektif terhadap bentuk tubuh, mereka menganggap bahwa jika bentuk tubuh berisi maka tubuh dikatakan ideal atau sebaliknya. Padahal jika dilihat menurut berat ideal belum tentu tubuh kita termasuk kategori ideal. Lalu bagaimana cara untuk mengetahui apakah tubuh kita termasuk ideal atau tidak?
Untuk mengetahuinya anda harus menghitungnya dengan menggunakan rumus Body Mass Index (BMI) atau penyebutan dalam Bahasa Indonesia Indeks Masa Tubuh (IMT). Untuk menggunakan rumus ini anda harus mengetahui terlebih dahulu tinggi badan anda kemudian dikonversikan kedalam satuan meter kemudian dikuadratkan. Selanjutnya anda juga harus mengetahui berat badan anda, setelah itu berat badan dibagi dengan hasil kuadrat tinggi badan anda tadi. Atau rumus umumnya bisa dituliskan sebagai berikut :

   Berat Badan (kg)/(Tinggi badan (m))²

Contoh :
Tinggi badan anda diketahui 160 cm (1,60 m)
Berat badan anda diketahui 60 kg

Maka
  60 kg  /(1,60 m)² = 23,4


Setelah hasilnya didapatkan berupa angka kemudian anda lihat berdasarkan standar WHO dibawah ini. Anda bisa melihat apakah tubuh anda termasuk kurus, normal, overhight atau obesitas.

WHO (BMI)
Asia-Pacific (BMI)
Kurus
<18.5
<18.5
Normal
18.5-24.9
18.5-22.9
Overweight
25-29.9
23-24.9
Obesitas
≥30
≥25

Berdasarkan contoh diatas maka bisa disimpulkan bahwa tubuh anda termasuk Normal.

Cara diatas merupakan cara yang umum dan banyak orang gunakan. Nah, sekarang tidak hanya yang sudah dijelaskan diatas, tubuh ideal tidak selamanya dilihat dari postur dan bentuk tubuh akan tetapi perbandingan antara tinggi badan dengan berat badan. Oleh karena itu jika anda memiliki tinggi badan sekian maka berat badan idealnya adalah harus sekian. Rumus yang digunakan adalah rumus Brocha. Sesuai namanya rumus ini ditemukan pada tahun 1871 oleh Dr. Pierre Paul Broca dan dipopulerkan oleh Dr. BJ Devine pada tahun 1970an. Rumus broca digunakan untuk menghitung berat ideal pria dan wanita. Berikut adalah rumusnya :

Pria
(berat badan - 100) - (10% x (tinggi badan -100))

Contoh
Jika seorang pria memiliki tinggi badan 180 cm, maka berat idealnya: (180 - 100) - (10% x (180 - 100)) = 80 - 8 = 72. Maka berat badan ideal pria dengan tinggi badan 180 cm adalah 72 kg

Wanita
(tinggi badan - 100) - (15% x (tinggi badan - 100))

Contoh :
Jika seorang wanita memiliki tinggi badan 155 cm, berat idealnya: (155 - 100) - (15% x (155 - 100)) = 55 - 15 = 40. Maka berat badan ideal wanita dengan tinggi badan 155 cm adalah 40 kg.
Namun, yang perlu diingat bahwa menghitung berat badan ideal dengan cara BMI atau Broca ini tidak selalu akurat karena ada faktor usia dan faktor berat tulang atau proporsi tubuh

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar