--> Skip to main content

8 Tips Diet Sehat Saat Puasa



Bagi umat muslim Puasa Ramadhan adalah salah satu ibadah yang wajib dilakukan selama satu Bulan dalam setiap tahunnya. Jutaan umat muslim di seluruh dunia berlomba lomba untuk mendapatkan pahala sebanyak banyaknya. Selain puasa wajib ada juga puasa sunah diluar bulan Ramadhan yaitu puasa pada hari senin dan kamis. Selain itu puasa sunah lainnya adalah puasa Daud yang pelaksanaannya adalah selang seling pada setiap harinya, satu hari puasa besoknya tidak dan begitu seterusnya. Salah satu momen saat puasa adalah bagi sebagian orang khususnya wanita, puasa adalah salah satu sarana yang baik untuk menurunkan berat badan.
Selain untuk mendapatkan pahala sekaligus memenuhi kewajiban sebagai muslim, ternyata puasa juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Berikut beberapa manfaat puasa bagi kesehatan tubuh :

  1. Membersihkan racun dalam tubuh
  2. Meremajakan kulit
  3. Mengistirahtakan Sistem Pencernaan
  4. Mengurangi Gula Darah
  5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
  6. Membantu Menahan Ngemil Makanan
  7. Membantu Menurunkan Berat Badan

Salah satu manfaat dari puasa adalah membantu menurunkan berat badan. Banyak sekali wanita melakukan diet demi mendapatkan bentuk dan berat badan yang diinginkan. Seperti mengurangi asupan makanan serta membatasi jenis makanan tertentu. Semua usha tersebut rasanya mudah sekali dan terasa biasa saja jika dilaksanakan pada hari biasa. Namun mengingat sekarang bertepatan dengan bulan puasa serta banyak orang yang tetap ingin melakukan diet, bagaimanakah tips melakukan diet saat puasa? Berikut ini beberapa tips yang bisa anda lakukan :

Tips Diet Saat Puasa

  1. Banyak Minum Air Putih
Saat puasa, tubuh akan kehilangan banyak cairan. Oleh karena itu, penting menggantinya dengan meminum banyak air putih saat berbuka dan saat sahur.

  1. Hindari makanana yang digoreng
Sudah tidak asing lagi di Indonesia saat menjelang berbuka puasa banyak sekali hidangan yang disajikan. Selain makanan dan minuman yang manis menu pendamping lainnya adalah gorengan. Saat berbuka biasanya ada rasa keinginan untuk memakan sesuatu dengan porsi yang banyak.Bagi yang menjalani diet mengkonsumsi makananan yang digoreng menjadi salah satu hal yang harus dihindari agar lemak dalam tubuh tidak bertambah sehingga bisa menggagalkan diet yang dijalani.  

  1. Perbanyak Konsumsi buah dan sayur
Makanan yang sehat dan mengandung serat sangat disarankan bagi anda yang menjalankan diet dibulan puasa. Selain mengandung serat buah dan sayuran juga mengandung banyak air yang sekaligus berfungsi untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang.

  1. Hindari minuman yang mengandung gula tinggi
Sirup yang beraneka ragam warna ditambah dengan segarnya es tentu saja menjadi minuman yang sangat menyegarkan jika dikonsumsi saat berbuka puasa. Namun, minuman tersebut tentu saja mengandung gula sangat tinggi yang mengakibatkan perut menjadi kembung dan system pencernaan menjadi terhambat. Sebagai gantinya makanlah beberapa buah kurma karena buah tersebut mengandung manis alami yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

  1. Tetap lakukan olahraga
Jangan jadikan puasa sebagai alas an untuk bermalas malasan untuk melakukan kegiatan termasuk olahraga. Menjalani diet tanpa olahraga tentu saja hal yang sangat jauh kemungkinan akan menghasilkan berat badan ideal ang diinginkan. Oleh karena itu tetap lakukan olahraga meskipun dengan gerakan yang ringan dan sederhana. Anda juga bisa melakukan olahraga pada malam hari setelah melakukan ibadah.

  1. Hindari produk olahan dan Konsumsi karbohidrat komplek
Saat berbuka puasa hindarilah makanan olahan seperti makanan instan, makanan dalam kaleng, atau junk food. Pilihlah karbohidrat kompleks seperti nasi merah dan ubi yang dapat memberi rasa kenyang yang lebih lama.

  1. Jangan berlebihan saat berbuka puasa
Berbukalah secukupnya jangan berlebihan apalagi jika mengkonsumsi gorengan. Perbanyak minum air putih serta disarankan makan buah kurma karena selain Sunnah Nabi kurma merupakan buah yang sangat bermanfaat sekli bagi kesehatan.

  1. Kunyahlah makanan secara perlahan
Makan dengan cepat dan jumlah yang banyak tidak baik bagi system pencernaan dan dapat membuat berat badan menjadi naik secara drastic. mengunyah makanan disarankan sebanyak 20 sampai 30 kali dalam satu suapan karena bisa membantu proses pencernaan dalam tubuh.  

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar