--> Skip to main content

Beberapa Profesi Yang Masih Aktif Bekerja Saat Momen Hari Raya Dan Libur Lebaran




Lebaran adalah momen dimana semua orang yang pergi merantau berkesempatan untuk pulang kampung ke daerahnya masing-masing untuk bertemu sanak keluarga yang mungkin sudah lama tidak berjumpa. Disaat itu juga biasanya banyak orang yang menjadikannya sebagai momen liburan bersama keluarga entah itu mengunjungi tempat-tempat wisata atau yang lainnya. Banyak para pekerja, perantau atau yang mempunyai profesi lainnya mendapatkan libur saat datangnya hari lebaran tentu saja itu menjadi sebuah hal yang sangat ditunggu-tunggu dari sekian lama banting tulang mencari rezeki. Namun tahukah anda, saat hari lebaran dan momen liburan tiba ada beberapa orang yang mempunyai profesi tertentu yang masih bekerja menjalankan tugasnya, yaitu :

    1.    POLISI
Polisi merupakan salah satu aparatur negara yang mempunyai tugas untuk melayani dan melindungi masyarakat. Orang awam berfikir yang mereka tahu mungkin peran polisi hanyalah untuk menangkap penjahat, namun ternyata tidak seperti itu. Perlu anda ketahui polisi terbagi menjadi beberapa bagian dan mempunyai peran dan tugas masing-masing dalam bidangnya seperti Polisi militer (PM), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Polisi Lalulintas (Polantas) dan dan sebagainya. Namun pada hari raya dan momen libur lebaran polisi yang mendominasi masih aktif bekerja adalah Polisi lalu lintas. Karena sudah kita ketahui di Indonesia sudah tidak asing lagi jika momen seperti libur lebaran ini tiba selalu identic dengan yang namanya macet, oleh karena itu polisi lalu lintas sangat berperan untuk mengatur lalu lintas demi kelancaran dan kenyamanan serta kemanan para pengendara dijalan.

    2.    PILOT
Tidak hanya tersibukkan dengan moda transfortasi darat, para pemudik yang memiliki kampong halaman lintas pulau biasanya menggunakan pesawat untuk pulang kembali ketempat asal mereka. Dan tentu kita ketahui saat menaiki pesawat orang yang menjadi pengendali pesawat adalah pilot. Namun tidak hanya pilot, beberapa bagian yang terkait terlihat masih bekerja seperti pada pelayanan dan keamanan bandara serta hal lainnya yang berkaitan dengan operasional bandara.

    3.    Masinis
Salah satu moda transfortasi darat yang banyak digunakan adalah kereta api. Masinis merupakan orang yang bertugas menjalankan kendaraan tersebut demi mengantarkan penumpang dari stasiun ke stasiun lainnya. Dihari libur lebaran biasanya penumpang mengalami lonjakan volume berbeda dengan hari biasanya, jadi para masinis dan berbagai pihak yang terkait dengan operasional kereta api harus bekerja dengan ekstra.

    4.    Sopir Bus
Selain menggunakan kereta api, para pemudik biasanya menggunakan bus untuk melintasi berbagai kota. Sopir bis biasa melakukan tugasnya hanya dalam satu atau dua kali trip perjalanan saja.

    5.    Dokter
Selain dari pelayanan bidang moda transfortasi hal lain yang diperlukan adalah dalm bidang kesehatan. Tidak hanya libur lebaran rumah sakit sepertinya memang setiap hari harus melayani masyarakat yang membutuhkan perawatan dan penangan medis termasuk pada hari lebaran. Tidak mungkin kan pasien yang sedang dirawat di suruh pulang kerumah karena para dokter dan perawat ingin berlibur?

Sebenarnya masih banyak lagi profesi yang masih aktif bekerja di tengah hari raya atau momen liburan tiba, serta tidak menutup kemungkinan saat momen ini terjadi malah banyak memberikan keuntungan yang sangat banyak bagi sebagian profesi seperti para pedagang oleh-oleh, restoran, minimarket dan lain-lain.
Ditengah kesibukan mereka tentu saja mereka juga ingin berlibur. System yang mereka jalankan mungkin berbeda antara profesi yang satu dengan lainnya. Jadi mereka tentu saja mendapatkan jatah libur juga dengan system bergiir atau shif.
Kita do’akan mereka yang sibuk melayani kita semoga diberi kesehatan dan diberi kemudahan dalam mencari rezeki. Aamiin

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar