--> Skip to main content

16 Tips Ampuh Menghemat Baterai Iphone Agar Awet Tahan Lama


Taktiktekno.com -  Iphone merupakan salah satu perangkat yang banyak penggunanya selain Android.  Apalagi sekarang ini muncul Iphone terbaru yaitu Iphone 6 yang memiliki fitur lebih lengkap. Kali ini saya tidak akan membahas tentang iphone akan tetapi saya akan berbagi  17 tips untuk membuat baterai iphone kamu jadi lebh awet. Tidak semua tips semua yangg ada disini harus kamu lakukan semuanya cukup pilih beberapa yang sekiranya kamu perlukan dan tidak sampai mengganggu aktiftas kamu dalam penggunaan iphone kamu  sehari-hari.

Tips Menghemat Baterai Iphone Agar Kuat Awet dan Tahan Lama

1. Matikan idrop ketika tidak kamu gunakan, dalam kondisi idrop aktif iphone akan terus menerus mencari perangkat aple lain untuk saing terhubung dan saat tidak digunakan hal ini hanya akan buang-buang resource dan batre saja sebab action senter dan jika idrop aktif tap lalu pilih rieceiving off untuk mematikannya hal yang sama juga bisa kamu lakukan ke wifi jika kamu terhubung pake data seluler dan tidak memakai wifi matikan saja untuk menghemat baterai.

2. Tidak banyak pengguna iphone d Indonesia yang memakai dan memanfaatkan siri setiap harinya jadi jika memang tidak kamu gunakan matikan saja siri untuk menghemat resource dan baterai iphone. Buka settings siri ensource matikan fitur hey siri fitur ini menghabisakan cukup banyak baterai untuk terus standby menunggu kamu memanggil siri matikan juga press home for siri jika memang siri tidak pernah kamu pakai dalam kehidupan sehari-hari.

3. Jika kamu tidak punya pakai data 4G atau ditempat tinggal kamu tidak terjangkau jaringan 4G matikan saja 4G LTE di iphone kamu. 4G memang memberkan kecepatan lebih tinggi tetapi baterai jadi lebh boros jadi kalau memang tidak dipakai matikan saja untuk menghemat baterai. Cara nya buka settings – seluler – selu;er data options- voice and data dan pilih 3G.

4. Jika kamu tidak memiliki mac atau perangkat Aple lainnya maka matikan saja hand off karena kamu tidak membutuhkannya, buka setting-general-hand off dan matikan

5. Matikan background app refresh ini adalah fitur iphone untuk otomatis refresh konten aplikasi secara background sebenarnya fitur ini sangat bermanfaat agar konten baru di aplikasi terus terupdate dan lagsung siap begitu kamu buka. Tetapi jika keawetan baterai adalah yang kamu cari maka matikan saja background app refresh atau setidaknya aktifkan untuk aplikasi aplikasi tertentu yang kamu butuhkan saja. Caranya buka settings, masuk ke general background app  refresh lalu pilih off untuk mematikan seluruhnya atau bisa matikan beberapa aplikasi yang jarang kamu gunakan karena semakin banya aplikasi yang dimatikan background app refreshnya akan semakin membuat baterai menjadi lebih awet.

6. Atur penggunaan data seluler salah satu fitur yang penggunaan data selulernya selalu saya selalu atur adalah foto, buka settings foto lalu mematikan foto stream foto sharing dan sebagainya tetapi jika kamu pakai fitur ini tap seluler data dan pastikan kamu atur ke off agar proses upload foto hanya dilakukan saat terhubung ke wifi saja. Yang kedua adalah itones dan App Store atau juga opsi seluler data ke posisi off.

7. Atur penggunaan GPS oleh aplikasi ini penting karena penggunaan GPS cukup memamakn banyak sekali resource baterai buka settings-privacy-location service- dan cek daftar aplikasi, pastikan kamu memilih While Using The App artinya penggunaan GPS hanya dilakukan saat kamu benar-benar sedang memakai aplikasi tersebut hal ini karena ada juga beberapa aplikasi yang secara default mengatur penggunaan GPS untuk aktif terus menerus jadi jika kamu mendapati aplikasi yang seperti itu atur saja pengaturannya dari Always ke While Using kemudian pada bagian system service kamu juga bisa mematikan beberapa opsi penggunaan GPS oleh system tetapi hati-hati pastikan kamu hanya mematikan sevice yang tidak kamu butuhkan saja.

8. Matikan Analytic yang bisa kamu akses melalui settings-privacy dan Analytics. Atur saja setiap posisi setiap opsi ke off untuk mengurangi aktifitas transfer data di iphone kamu. Analytics ini sebenarnya akan mengirimkan data analytics ke aple ataupun ke developer untuk meningkatan produk dan layanannya, jika kewatan baterai yang kamu cari maka kamu bisa mematikan saja untuk menghemat baterai.

9. Kurangi penggunaan notifikasi dengan mematikan notif untuk aplikasi yang tidak kamu gunakan. Buka settings notification dan matikan notifikasi dari aplikasi yang tidak kamu perlukan misalnya saja home dan sebagainya

10. Matikan Auto brightnessness karena meskipun kadang berguna tetapi tidak jarang autobrightness ini memberikan brightness lebih dari yang diperlukan, kamu bisa mematikannya melalui settings-general-accessibility display acommodations autobrightness dan atur keposisi off. Setelah itu kamu tinggal atur manual saja brightness melalui control center sesuai dengan keperluan, perlu kamu perhatikan bahwa mematikan autobrightbess bisa membuat baterai iphone kamu jadi lebih boros atau lebih hemat tergantung dari bagaimana kamu mengaturnya secara manual.

11. Matikan dynamic atau lifewallpaper di iphone. Meskipun tampil keren dynamic dan Life wallpaper menggunakan resource yang lebih besar daripada sekedar wallpaper statis buka settings wallpaper chose new wallpaper dan pilih still wallpaper atau cukup pilih foto statis dari gallery foto kamu.

12. Kalo kamu tidak pernah pakai iphone kamu untuk olahraga atau tidak pernah pakai fitur fitness tracking matikan saja fitur tersebut dari settings-privacy-moution dan fitness dan atikan fitness tracking dengan begini iphone kamu tidak akan mengakses berbagai macam sensor untuk melakukan tracking dan mendapatkan data seperti jumlah langkah setiap harinya dan sebagainya.

13. Matikan getar yang tidak penting buka settings-sound-dan kamu bisa matikan getar jika ponsel berdering di opsi vibrate on the ring. Logikanya dengan nada dering saja kamu bisa tau klo ada telepon masuk jadi penggunaan getar bisa kamu kurangi untuk menghemat baterai.

14. Segera matikan personal hotspot setelah digunakan. Banyak pengguna iphone yang lupa mematikan fitur ini setelah digunakan sehingga membuat baterai jadi cepat habis. Untuk itu pastikan kamu matikan personal hotspot melalui settings- personal hotspot dan matikan agar baterai kamu jadi jauh lebih awet.

15. Bisa kamu pakai saat bepergian jauh dan membutuhkan keawetan baterai ekstra yaitu dengan mengaktifkan low power mode, ini bakal membuat performa iphone kamu turun dan mematikan bebrapa fitur untuk sementara tetapi effectnya bakal  menghemat penggunaan baterai secara signifikan. Low For Mode bisa kamu aktifkan melalui settings-baterai-dan aktifkan low power mode

16. Kamu tidak perlu menutup aplikasi di appswitcher untuk menghemat baterai iphone. Banyak
pengguna iphone salah kaprah dengan menutup aplikasi di app switcher agar tidak membebani resource dengan harapan baterai Iphone bisa jadi lebih awet hal ini tidaklah benar bahkan bisa berimbas sebaliknya bikin baterai iphone kamu jadi jauh lebih boros. Bakal otomatis mensuspen aplikasi di appswitcer saat tidak digunakan dan melanjutkannya jika kamu gunakan lagi. Jadi aplikasi di apswitcer tidak membeban resource iphone. Bahkan sebaliknya jika kamu close semua maka saat kamu buka aplikasi tersebut iphone akan load dari awal dan ini malah membebani resource dan bisa membuat penggunaan baterai iphone kamu jadi lebih boros. Untuk itu kamu tak perlu close aplikasi di appswitcer.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar