--> Skip to main content

Perbedaan Dan Perbandingan Nokia 2.2 dan Nokia 4.2

 Kupas Tuntas perbedaan dan perbandingan Hp Kembar yaitu Nokia A2.2 dan Nokia A4.2 dari berbagai aspek. Baik dari design, performa, tampilan dan lainnya.

Taktiktekno.com - Pada artikel kali ini saya akan membandingkan 2 hp yang sekilas tampak sama atau bahkan kembar yaitu Nokia 2.2 dan Nokia 2.4. Dari depan memang mirip sekali. Meskipun terlihat sama tetapi kedua Ponsel ini punya berbedaan. 
Keduanya sama sama android dan juga dirilis di tahun 2019 ini. Buat kamu yang penasaran perbedaan diantara keduanya dan apakah worth untuk mengeluarkan uang ekstra 500rb untuk membeli Nokia 4.2 ini langsung aja kita cek :

1. Yang pertama cek dulu perbedaan dari sisi kelengkapannya. Kalau untuk Nokia 2.2 ini dilengkpi dengan charger sebesar 5 watt sedangkan kalau Nokia 4.2 ini chargernya sudah 10 watt jadi beda dua kali lipatnya. Padahal baterai Nokia 4.2 dan Nokia 2.2 ini kapasitasnya sama-sama 3000mAh jadi kamu bisa bayangkan untuk proses chargingnya ini bakal lebih cepat Nokia 4.2.

2. Pada Nokia 2.2 bagian case-nya bisa dilepas dan baterainyapun bisa dilepas juga seperti di hp Nokia zaman dulu atau juga di banyak hp saat ini. Tetapi kalua pada Nokia 4.2 ini body case-nya ini tidak bisa dilepas. Karena bisa dilepas maka pada Nokia 2.2 ini dia pakai SIM Slot bukan SIM tray seperti di Nokia 4.2. Tetapi memang keduanya masih sama sama support dual sim dan juga support micro sd. Kemudian karena Nokia 2.2 bisa dilepas maka sebenarnya ada case yang dijual untuk nokia 2.2 sebagai pengganti mungkin juga case dengan warna yang berbeda dan Nokia menyebutnya sebagai Ekspress on cover, tetapi sampai saat ini sepertinya belum ada orang yang jualan ekspres on cover ini mungkin memang belum masuk atau mungkin masih menunggu popularitas dari Nokia 2.2 ini. Dan kalau masuk kita bisa ganti-ganti warna jika bosan di Nokia 2.2.

3. Perbedaan lain di body belakangnya ini kalau Nokia 2.2 ini dia pake Cover plastic yang berdesign Glossy sedangkan di Nokia 4.2 dia sudah memakai Glass dengan design 2.5D jadi dia lebih mewah kemudian juga lebih solid dari pada nokia 2.2 lalu keliatan juga kalau di Nokia 4.2 ini sudah ada finger pin sensornya sedangkan di Nokia 2.2 tidak ada. Jadi untuk Nokia 2.2 ini cuman mengandalkan Fase Unlock saja ataupun pin dan juga pola. 

4. Kemudian kalau perhatikan lagi untuk untuk Nokia 2.2 dibelakangnya ada lubang speakernya sedangkan kalau di Nokia 4.2 lubang speakernya ada dibagian bawah smartphone bukan dibelakang. 

5. Kalau dilihat di bagian samping, yang keliatan beda itu adalah tebalnya. Jadi Nokia 2.2 keliatan lebih tebal dibandingkan dengan Nokia 4.2 dan designnya juga beda ini lebih Rounded lebih lengkung dengan memakai design 2.5D baik di layar ataupun di glass belakang jadi dia lebih mewah dan lebih nyaman saat di pegang dari pada Nokia 2.2 yang designnya itu melebar di bagian layarnya. 

6. Kemudian kalo kita lihat tombol powernya ini juga beda. Kalo di Tombol power Nokia 2.2 ini terkesan tombol power yang biasa. Sedangkan di Nokia 4.2 ini bisa menyala jadi ini berfungsi juga seperti untuk lampu led dan juga untuk kalau ada notifikasi bisa menyala ini keren banget. 

7. Sekarang kita lihat dibagian depannya. Keduanya tampak identic karena sebenarnya memang panel layer yang dipakai ini sama yaitu menggunakan LCD 5.71 Inch dengan resolusi ats dplus. Jadi sebenarnya tidak ada bedanya kalo darisisi layer sama-sama ketajmannya juga sama tetapi kalu kamu perhatikan untuk cin dari nokia 4.2 ini dia lebih panjang kemudian juga eartishnya dia lebih lebar jadi kalo selain keduanya itu kalau dilihat memang terlihat kembar. 

8. Untuk kamera selfinya ini berbeda. Kalo Nokia 4.2 pake 8mp sedangkan Nokia 2.2 ini cuman pake 5mp dan hasilnya memang beda. Untuk kamera selfinya ini lebih bagus di Hasil kamera Selfi Nokia 4.2. ini terasa lebih tajam dan fokusnya lebih bagus daripada versi murahnya ini. 

9. Kemudian kalo kita lihat di belakang jelas banget bedanya kamera belakang Nokia 4.2 ini ada dua, yaitu kombinasi 13mp plus 2mp untuk deepsensor. Sedangkan kalau di Nokia 2.2 ini cuman satu saja 13mp. Tetapi untuk Nokia 2.2 ini ada kelebihannya yaitu lebih cepat mendapatkan focus di objek-objek yang jaraknya dekat, sedangkan Nokia yang 4.2 ini agak kesulitan kalau objeknya terlalu dekat. Tetapi untuk software kamera ini emang lebih effes di Nokia 4.2 jadi kalau kamu bandingkn kamera keduanya di Nokia 4.2 ini ada mode pro kemudian ada juga mode life yang gak ada di nokia 2.2.

10. Sekarang kita lanjt performa. Kalo kita bandingkan performa keduanya ini memang Nokia 4.2 itu masih lebih cepat lebih mulus dan lebih dibandingkan dengan Nokia 2.2 kalau kita pake scrools di google now ini kelihatan bedanya kalua Nokia 4.2 dia lancar scrollnya sedangkan 2.2 kadang-kadang masih terjadi lag. Kemudina kalau kita buka playstore kmudian kita scroll juga sama cenderung lebih cepat dan lebih lancar di Nokia 4.2. Performa kamera juga begitu. Kalau kita buat foto kamera Nokia 4.2 ini juga lebih cepat bisa mengambil foto. Tetapi kalau di Nokia 2.2 ini agak sedikit lebih lambat. Dan untuk berfoto kita tahan tap tahan untuk mengambil banyak foto sekaligus dia cukup lambat. 

11. Kalau untuk performa gaming ini hampir sama. Salah satu game yang banyak dimainkan saat ini adalah PUBG. selama game dimainkan grapich yang didapat lumayan smooth baik di Nokia 2.2 ataupun di Nokia 4.2. 

12. Nah ini buat kamu yang penasaran sebenanya otak dari kedua hp ini beda bahkan juga beda brandnya. Untuk Nokia 4.2 ini dia pakai Chipset snap dragon 439 sedangkan untuk Nokia 2.2 dia pakai Mediatek Helio A22. Untuk skor benchmarknya ini sbenarnya memiliki selsih tidak begitu jauh. Untuk Nokia 4.2 ini dapat score 77.000 sedangkan untuk Nokia 2.2 ini 64.000an jadi ada selisih sekitar 13.000an di hasil benchmarknya. 

13. Mengingat kedua hp ini sama-sama Andorid one jadi experience keduanya sebenarnya sama saja tetapi ada fitur lain di Nokia 2.2 yang bisa dibilang unggul dibandingkan Nokia 4.2 yaitu ambien displaynya. Jadi kaludi Nokia 2.2 ini kamu bisa angkat aja HPnya maka embien display bakal muncul sedangkan di Nokia 4.2 ini tidak bisa.pada Nokia 4.2 baru muncul kalau di cas atau kalau ada notif jadi fiturnya lebih enak di Nokia 2.2 karena kita tinggal angkat saja saat hendak melihat jam atau Notifikasi. Tetapi perbedaan yang paling besar dan membedakan diantara keduanya ini adalah ketersediaan NFC-nya. Pada Nokia 4.2 ini sudah ada nfc nya, ini berguna sekali buat kamu yang sering melakukan perjalanan baik itu naik transkarta atau MRT atau juga kamu sering lewat tol ini bisa kamu gunakan untuk cek saldonya e-money atau juga isi ulang e-money secara online. Sedangkan di Nokia 2.2 tidak ada fitur semacam ini. 

Jadi, kesimpulannya dengan harga lebh tinggi 500rb ini bisa dibilang masih lebih worth Nokia 4.2 karena dengan mengeluarkan Rp. 500.000 ekstra kamu tidak akan sia-sia karena kamu dapat dsign yg lebih solid yang lebih mewah dengan glass. Kemudin juga lebih tipis saat di pegang juga terasa nyaman dan enak. Kemudian dia ada Finger print sensornya dan yang paling penting Nokia 4.2 ini dilengkapi dengan NFC dan selain itu kamu juga dapat performa yang lebih baik daripada Nokia 2.2. Jadi lebih disarankan  untuk memilih Nokia 4.2.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar