Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review Lengkap Modem ZMI MF855 Xiaomi Mifi 4G LTE + Powerbank


MIFI merupakan kependekan dari Mobile Wifi. Nama ini diberikan pada sebuah perangkat wireless yang berperan sebagai WiFi Hotspot. Disebut sebagai Mobile Wifi karena pernagkat ini bisa di bawa kemanapun, berbeda dengan kita memasang wifi dirumah yang tidak bisa dibawa kemana-mana. Prinsip kerja perangkat ini sama seperti wireless router pada umumnya, jika yang kita pasang dirumah biasanya untuk mendapatkan akses internet harus berlangganan, mifi ini menggunakan akses internet yang didapat dari jaringan seluler kemudian disebar kepada beberapa perangkat penerima wifi seperti smartphone, laptop hingga computer.
Di Indonesia banyak sekali mifi dengan berbagai merk dan yang paling dikenal dan banyak digunakan adalah Mifi dari Smartfren. Dengan bersumber dari jaringan seluler tentunya anda harus mengisi kuota internet terlebih dahulu dengan cara berlangganan harian atau bulanan tergantung besar kuota yang diinginkan. Dari berbagai merk Mifi yang ada kali ini saya akan mereview Mifi router dari merk terkenal Xiaomi dengan produknya yaitu ZMI Mifi  Wireless Router. Selain sebagai untuk wifi router, perangkat ini juga bisa digunakan sebagai Power Bank jadi anda bisa berselancar di Internet tanpa kehabisan baterai.  Untuk MiFi dari Xiaomi ini terdapat dua macam, ada yang berwarna putih dengan kapasitas powerbank sebesar 7800mAh dan ada yang berwarna hitam dengan kapasitas powerbank sebesar 10000 mAh. Namun kali ini saya akan membahas Zmi Xiaomi MiFi yan berwarna putih saja. Oke langsung saja saya akan bahas beberapa point tentang Mifi Xiaomi yang berwarna putih ini :

SPESIFIKASI

Powerbank :
Capacity: 7800mAh
Output Voltage: 5.1V
Output Current: 2.1A (2.1A Fast Charging)
Input Voltage: 5.0 V
Input Current: 2.0A
Conversion Rate: 93%


Frequency :
FDD-LTE standard frequency band (B1 1800 B3 2100 B7 2600 mhz)
TDD-LTE standard frequency band (B38 1900 B39 2300 B40 2500 B41 2600MHZ)
WCDMA standard band is (B1 850 B2 900 B5 1900 B8 2100 MHZ)

Bisa 3G 4G LTE (FDD LTE 1800MHz XL TSEL INDOSAT TRI)
Bisa 4G TDD LTE (TDD LTE 2300MHz Smartfren Bolt)
Tidak bisa smartfren 4G FDD LTE frekuensi 850MHz/B5

Feature: WiFi/4G, LED Indicator, High Conversion Rate, High Security
Standards And Protocols: Wi-Fi 802.11b




DIMENSI

Perangkat ini memiliki ukuran panjangxlebarxtebal 10x7.5x2cm dengan bentuk yang simple namun kokoh. Bentuk dari mifi ini bisa dibilang tidak ada bedanya dengan powerbank, sehingga oranglain yang belum tau akan menganggap alat ini hanyalah powerbank biasa.


CARA MENGGUNAKAN

Untuk memasukkan kartu provider anda cukup buka tutup perngakat ini dan masukkan micro sim pada slot yang sudah disediakan. Cara menghidupkan ZMI Xiaomi MIFI ini anda harus tekan tombol on/off selama beberapa detik sampai indicator LED muncul, beitu juga sebaliknya untuk mematikan perangkat ini anda tekan selama beberapa detik sampai indicator berwarna merah dan berkedip. Saat dihidupkan perangkat ini akan mencari sinyal secara otomatis. Jika indicator berwarna hijau itu menandakan sinyal yang didapat baik dan jika indicator berwarna merah berarti sinyal yang didapat untuk jaringan seluler buruk. Saat terkoneksi pada suatu perangkat indicator dengan icon wifi akan berkedip


KINERJA

Dari pengalaman yang saya alami saat menggunakan perangkat ini, dalam kondisi baterai terisi penuh, zmi mf855 bisa bertahan hingga 9 jam atau lebih dan itu dalam kondisi terkoneksi dengan perangkat Smartphone. Dengan catatan tidak sambil digunakan  untuk mengisi daya smartphone. Untuk proses pengisian daya perngakat ini bisa memakan waktu hingga 4 jam dengan menggunakan charger smartphone yang memiliki Voltase output 5.1v dengan arus 2 Ampere sehingga bisa mempercepat pengisian daya baterai smartphone. Dengan kapasitas 7800mAh perangkat ini bisa digunakan 3 kali pengisian smartphone yang memiliki kapasitas baterai 2500mAh.
Jangkauan penyebaran sinyal dari mifi ini juga luas hampir sama seperti jangkauan wifi yang dipasang dirumah secara permanen. Saat tersambung pada satu perangkat smartphone sinyal yang didapat menjadi kuat dan saya mencoba nonton video youtube dengan kualitas video 480p dan hasilnya lancer tidak buffering sama sekali. Kecepatan dan kemampuan perangkat ini bisa saja berkurang seiring dengan banyaknya jumlah perangkat yang tersambung.


KECEPATAN INTERNET

Untuk melakukan uji coba saya menggunakan Provider Indosat dengan jaringan yang sudah 4G dan hasilnya sebagai berikut :

1. Sim Card di Pasang di Smartphone



2. Sim Card dipasang di ZMI Xiaomi MiFi



HARGA

Saat artikel ini dibuat harga yang tersebar di Online Shop berkisar antara 800rb – 1.2jt. Nah kebetulan saya membeli ZMI MF855 ini di Online Shop dengan Harga 800rb karena sedang diskon. Dengan harga segitu bisa dikatakan sebandinglah dengan kualitas yang didapat



KELEBIHAN DAN KEKURANGAN MODEM ZMI MF855 XIAOMI MIFI

Kelebihan
Tidak cepat panas
Dari segi tampak, penampilan xiaomi ini cukup sederhana khas body powerbank pada umumnya tapi disandingkan dengan modem, atau kebalik kali yaa, modem disandingkan dengan power bank. Dengan warna putih yang menyelimuti seluruh bodinya perangkat ini terlihat kokoh akan tetapi simple.
Selain itu, dengan menggunakan perangkat ini rasanya sinyal dan kecepatan internet menjadi bertambah.
Durasi penggunaan saat mengakses internet menggunakan ZMI Xiaomi MiFi ini bisa mencapai 9 jam dengan posisi tidak sambil mengisi perangkat smartphone.
Perangkat ini sempat saya pergunakan dan beberapa kali terjatuh tanpa disengaja masih berfungsi dengan baik dan tidak mengalami kerusakan dari dalam dan koneksi internet normal saja tidak terjadi kendala, kalau lecet dari luar sepertinya wajar.

Kekurangan 
Body perangkat ini terbuat dari bahan plastik
Untuk yang Tipe MF855 ini warna terbatas hanya putih saja
Tidak dilengkapi dengan auto cut saat perangkat ini di cas ataupun saat mengecas Smartphone
Harga yang lumayan mahal

Itu dia review dari Modem Zmi MF855 MiFi yang saya alami. Saya harap dengan artikel ini bisa membantu anda dan mempertimbangkan kembali saat hendak membelinya. Jika ada pengalaman lain saat menggunakan perangkat ini silahkan tulis dikolom komentar. Sekian dan terimakasih


Artikel Lainnya : Download Whatsapp Mod 2019

Posting Komentar untuk "Review Lengkap Modem ZMI MF855 Xiaomi Mifi 4G LTE + Powerbank"