--> Skip to main content

8 Cara Mudah Untuk Membantu Melihat Gerhana Matahari



Hari ini 26 Desember 2019 Di Kabarkan akan terjadi gerhana matahari cincin yang akan terlihat di Indonesia. Fenomena yang jarang terjadi ini tentu saja menjadi hal dan momen yang luar biasa. Tak sedikit orang ingin melihat kejadian langka tersebut. Namun untuk melihatnya kita tidak bisa langsung melihat dengan mata telanjang karena cahaya matahari bisa mengganggu atau bahkan merusak penglihatan mata. Dalam artikel ini Saya akan membagikan cara untuk melihat gerhana matahari :

1. Menggunakan Kacamata Matahari
Alat ini memang diciptakan dan di desain untuk memfilter cahaya matahari. Menggunakan kacamata matahari adalah hal yang efektif untuk melihat gerhana matahari. Tapi jika tidak punya kacamata tersebut simaklah cara berikutnya.

2. Menggunakan Bekas Rontgen
Bekas foto rontgen bisa Kamu manfaatkan untuk melihat gerhana matahari. selain itu, dengan ukuran yang lumayan lebar Kamu bisa berbagi dan menyaksikan gerhana tidak sendiri, Kamu bisa melihatnya bersama orang-orang sekitarmu

3. Menggunakan Teleskop
Para ilmuan menciptakan alat ini salah satunya adalah untuk melihat gerhana matahari. Alat ini memang dianjurkan karena bisa melihat gerhana secara sempurna. Namun sayangnya, perangkat ini membutuhkan dataran tinggi dan tanpa halangan untuk melihat aktivitas gerhana tersebut.

4. Menggunakan Kamera Lubang Jarum
Seperti halnya metode pantulan, cara sederhana dan aman yang bisa digunakan oleh orang untuk melihat gerhana Matahari adalah dengan memproyeksikannya pada sebuah lubang jarum. Proyeksikan pancaran gerhana Matahari pada lubang jarum, melalui sebuah mediasi kertas atau alat lainnya sehingga sebuah pantulan gerhana Matahari bisa terlihat dengan aman. (https://techno.okezone.com)
Ambil sebuah kardus kosong, seperti kotak sepatu. Buat sebuah lubang pada kotak sebesar 2 sentimeter dengan pisau atau gunting, kemudian tutup dengan selembar kertas foil atau alumunium.
Setelah lubang ditutup, lubangilah dengan sebuah jarum. Area ini digunakan untuk dihadapkan ke arah gerhana. Sedangkan pada sisi berlawanan, tambahlah bagian yang terproyeksi cahaya gerhana matahari dengan selembar kertas putih. Sedangkan untuk sisi bagian proyeksi tersebut, pengguna bisa melubanginya untuk melihat pantulan cahaya gerhana yang dipancarkan dari lubang jarum pada area kertas putih. (https://techno.okezone.com)

5. Menggunakan Bejana Air
Salah satu alternatif untuk melihat gerhana matahari adalah menggunakan bejana yang berisi air. bejana yang terisi air akan memantulkan cahaya layaknya sebuah cermin. Namun bejana ini tidak terlalu menyilaukan mata sehingga Kamu bisa melihat gerhana lewat alat ini. Caranya adalah gunakan bejana warna witam kemudian isi dengan air sampai penuh untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

6. Menggunakan Empat Kacamata Gaya
Kacamata hitam yang biasanya untuk membuat penampilanmu terlihat keren bisa kamu gunakan pula untuk melihat gerhana. Namun caranya kamu harus menggunakan kacamata tersebut harus lebih dari satu, kamu bisa menggunakan empat buah kacamata gaya kemudian menggunakannya secara bersamaan. Menggunakan lebih dari satu kacamata akan lebih banyak memfilter cahaya matahari sehingga menjadi lebih aman.

Baca juga : 
7. Menggunakan Piringan Disket
Jika kamu punya disket bekas yang tak terpakai, kamu bisa gunakan alat tersebut untuk melihat gerhana. Caranya kamu bongkar disket tersebut kemudian keluarkan piringannya. Piringan tersebut berwarna hitam dan memiliki kemampuan untuk memfilter cahaya matahari.

8. Menggunakan Kamera DSLR
Saat terjadinya aktivitas gerhana matahari jangan langsung mengarahkan kamera ke mataahari karena akan merusak sensor kamera karena cahaya yang masuk secara berlebihan.  Gunakan lensa telephoto dengan panjang fokus 500-2.000mm. Untuk lensa standar 200mm hanya akan menghasilkan citra Matahari berukuran kecil. Selain itu Kamu juga bisa menambahkan lensa ND (Natural Density) sehingga cahaya matahari bisa di filter secara maksimal.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar