--> Skip to main content

Mengapa Rice Cooker Tahu Kapan Nasi Matang? Ini Dia Penjelasan Ilmiahnya

Hallo sobat, apa kabarnya nih? Paa kesempatan kali ini seperti biasa saya akan berbagi wawasan seputar hal menarik yang berada disekitar kita.

Sobat tahu kan ricekooker atau mejikom? Ricekooker adalah alat yang digunakan menanak nasi dengan menggunakan energi listrik untuk menghasilkan panas dan membuat beras menjadi nasi. Saat kita menyalakan rice cooker dalam mode “cook” terjadi perubahan energi dari listrik menjadi panas. Sehingga meningkatkan suhu wadah penampung beras yang berisi beras dan air. 


Saat air menjadi panas kondisi yang terjadi adalah air menguap dan diserap oleh beras sehingga menjadi nasi. seperti yang kita ketahui bahwa titik didih air atau suhu maksimum air saat mendidih adalah 100°C. ketika semua air sudah menguap wadah penampung ini akan terus dipanaskan dan akan melewati batas yaitu 100°C.

Disinilah magnet tersebut bekerja. Magnet yang terdapat dalam rice cooker dirancang untuk kehilangan sifat magnetnya jika terpengaruh oleh suhu lebih dari 100°C. jadi, magnet ini terletak pada pegas (per) dibawah wadah aluminium tempat beras akan kehilangan sifat magnetnya ketika semua air sudah menguap dan suhu melebihi batas 100°C.

Hilangnya sifat magnet tersebut membuat "penaut" pada pegas akan terlepas dari wadah alumunium, dan secara otomatis perkakas akan men-trigger ke mode "warm" yang menandakan air sudah menguap semua. Jika sobat memanaskan air sampai mendidih tentu saja penaut pada pegas tidak akan terlepas karena masih terdapat sifat magnetnya. Dengan begitu sobat juga bisa menggunakan rice cooker untuk masak mie rebus.


Jadi kesimpulannya rice cooker bukan tahu kapan nasi tersebut sudah matang, akan tetapi perangkat tersebut hanya mendeteksi kapan semua air didalamnya telah menguap semua. Oleh karena itu sobat jika menanak nasi jangan sampai kekurangan air atau jika terlalu banyak air hasilnya nasi akan menjadi lembek. Gunakan air secukupnya agar nasi matang dengan sempurna.

Baiklah sobat, itu dia sepintas mengenai cara kerja ricekooker ini yang ternyata sederhana sekali yaitu dengan memanfaatkan ilmu fisika. Semoga menjadi wawasan dan bermanfaat untuk kita semua.



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar