--> Skip to main content

Cara Mengatasi Nyetrum Pada Mesin Cuci Saat Digunakan


Hallo sobat, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang mengatasi suatu masalah yaitu mengatasi mesin cuci yang saat digunakan terdapat alisran listrik saat mesin cuci disentuh. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan bagi sobat semua sehingga tau bagaimana mengatasi masalah tersebut.

Salah satu manfaat dari kemajaun teknologi adalah memudahkan manusia dalam menajalankan segal aktifitasnya sehari-hari, ontohnya adalah mencuci pakaian. Zaman dahulu sebelum mesin cuci ditemukan semua orang pasti melakukannya secara manual dengan emnggunakan alat sederhana seperti sikat. Hal tersebut lama kelamaan berefek pada pegalnya tangan. Maka dari itu meisn cuci diciptakan untuk memudahkan khalayak dalam mencuci pakaian.

Saat ini tidak sedikit produsen dengan merk terkenal yang membuat berbagai jenis mesin cuci. Mesin cuci dua tabung adalah generasi pertama, dimana tabung yang satu berfungsi untuk mencuci dan tabung satu lagi berfungsi sebagai pengering. Dan yang lebih kekinian dengan upgrade performa dan multifungsi terciptalah mesin dengan satu tabung yang memiliki fungsi mencuci sekaligus pengering. Mesin cuci yang digunakan tak jarang memiliki berbagai masalah seperti dinamo tidak berputar, nyetrum saat digunakan dan lain sebagainya. Kedua masalah tersbeut pernah saya alami.

Pertama, dinamo berdengung dan tidak berputar. Setelah dicek dinamo tersebut sudah rusak karena faktor jangka waktu pemakaian yang terlihat sudah lama. Hal tersebut ditandai dengan karat disiktar bodi dinamo. Untuk menyelesaikannya saya cukup mengganti dinamonya dengan yang baru.


Kedua, masalah mesin cuci nyetrum saat digunakan. Berdasarkan pengalaman saya ada beberapa penyebab mengapa mesin cuci nyetrum saat menyentuh pakaian yang sudah diairi dalam mesin. Diantaranya adalah kebocoran dari gearbox yang menyebabkan air masuk kedalam mengenai dinamo dan terhempas kebodi.

Masalah tersebut biasanya diawali dari kebocoran gearbox pada pengering yang secara langsung tersambung dengan dinamo sehingga aliran listrik menyebar hingga keseluruh bodi mesin yang terbuat dari logam. Penyebab berikutnya adalah posisi colokan pada stop kontak terbalik. Untuk mengatasinya jika penyebabnya adalah kebocoran maka sebaiknya mesin cuci diperbaiki sampai tidak terdapat bocor lagi dan pastikan sudah tidak terdapat aliran listrik yang membahayakan saat digunakan.

Jika posisi colokan terbalik tinggal balikan saja dan periksa dengan tespen untuk memastikan tidak terdapat aliran listrik yang membahayakan pada bodi mesin cuci. Dan solusi yang selanjutnya adalah mengatasi mesin cuci yang nyetrum dengan cara grounding. Apa itu Grounding?

Menurut Wikipedia Grounding adalah suatu jalur langsung dari arus listrik menuju bumi atau koneksi fisik langsung ke bumi. Dipasangnya koneksi grounding pada instalasi listrik adalah sebagai pencegahan terjadinya kontak antara makhluk hidup dengan tegangan listrik berbahaya yang terekspos akibat terjadi kegagalan isolasi. 

Untuk melakukan grounding pada mesin cuci yang nyetrum cukup mudah dan pasti bisa Anda lakukan sendiri dirumah. Namun sebelum itu siapkan terlebih dahulu alat dan bahan yang dibutuhkan antara lain :

a.    Paku atau besi 20 cm atau lebih dan secukupnya 1 buah
b.    Kabel bekas atau baru satu jalur secukupnya
c.    Solasi
d.    Korek untuk mengupas pembungkus ujung kabel

Langkah pertama sambungkan kabel pada bodi mesin cuci dengan menahannya disela baut penutup bodi dari logam dibelakang mesin. Selanjutnya lilitkan atau sambungkan ujung kabel yang satu lagi ke besi dan tutup dengan solasi. Selanjutnya tancapkan batang paku atau besi tersebut kedalam tanah, lebih dalam lebih baik. Dan diusahakan jangan tancapkan ditanah yang kering, sebaiknya tanah yang lembab.
Jika sudah silahkan periksa kembali mesin cuci dan pastikan sudah tidak terdapat aliran listrik yang membuat mesin cuci nyetrum saat digunakan. Cara tersebut sudah saya praktekan dan berhasil. Untuk keselamatan diusahakan batang besi yang ditancapkan jauh dari jangkauan siapapun agar tidak ada yang sembarangan mencabutnya dari tanah. 

Itu dia cara atau solusi mengatasi mesin cuci yang nyetrum saat digunakan. Sebelum melakukan service kepada tukang service diusahakan periksa terlebih dahulu secara mandiri dan cari tahu dari berbagai referensi yang sekiranya masalah tersebut bisa diatasi tanpa harus dibawa ke teknisi karena biayanya akan sangat mahal. Jika sekiranya bisa diperbaiki oleh kita sendiri kenapa tidak?



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar