--> Skip to main content

Koneksi Internet Terputus Dan Ikon Wifi Di Laptop Menghilang - Ini Dia Solusinya


Hallo Sobat, apa kabar? Semoga kalian baik - baik saja ya. Pada kesempatan kali ini saya akan kembali berbagi pengalaman khusunya dalam hal teknologi. 

Sobat yang memiliki laptop mungkin pernah mengalami hal ketika saat berselancar di internet menggunakan wireless laptop yang tersambung ke wifi sekitar tiba - tiba terputus dan saat dilihat di ikon internet dipojok bawah kanan ternyata ikon wifi laptop juga menghilang.

Entah apa penyebabnya yang jelas saya mengalami hal tersebut saat menggunakan laptop merk asus yang sudah digunakan cukup lama sekitar hampir 3 tahun. Entah drivernya pada windows 10 yang saya gunakan atau hardware wifi bawaan laptop itu sendiri. Saya sendiri juga kurang mengetahui apakah hal tersebut juga terjadi pada merk laptop lain yang digunakan sudah cukup lama.

Setelah saya mencari solusi dari berbagai sumber banyak sekali cara yang dijelaskan mulai dari membuka banyak menu seperti device manager dan langkah-langkah lainnya yang menurut saya bisa dibilang terlalu banyak memakan waktu dan hasilnyapun meski nantinya berhasil belum tentu menjamin hal bermasalah tersebut tidak akan terjadi lagi

Selain masalah ikon wifi menghilang ada lagi permasalahan pada laptop asus yang saya alami saat menggunakannya ketika menghubungkan ke internet yaitu saat mengkoneksikan ke jaringan router wifi sekitar terkadang susah terhubung atau bahkan sering gagal dan harus berkali-kali mencoba mengkoneksikannya kembali.

Ada dua cara sederhana yang saya lakukan untuk mengatasi permasalahan diatas. Pertama, saat koneksi internet terputus dan ikon wifi menghilang saya merestart laptop yang saya gunakan. Karena laptop saya sudah upgrade menggunakan SSD jadinya durasi restart cukup cekap sehingga saya tidak perlu menunggu waktu yang lama. 

Kedua, cara yang sangat ampuh dan sangat cepat yaitu menggunakan wifi eksternal berbentuk flashdisk yang memiliki colokan usb. Perangkat wifi eksternal yang saya gunakan merk TP-Link. Ketika menggunakan perangkat ini saya jamin saat mengkoneksikannya terbilang sangat cepat, selain itu bandwitchnya pun juga cukup besar sehingga mempercepat kecepatan internet. Tapi tetap sih tergantung dari Routernya hehe...


Perangkat tersebut cukup murah tak kurang dari 100rb dan bisa digunakan dalam waktu yang lama. Tidak ribet saat membawanya bagaikan bawa flashdisk dan tidak memakan tempat. Bisa sobat beli ditoko komputer terdekat didaerah Sobat.

Itu dia cara yang saya lakukan untuk mengatasi koneksi internet terputus dan ikon wifi menghilang. Saya tidak mengikuti cara-cara yang ada diinternet karena yaa menurut saya ribet dan belum tentu benar-benar mengatsi hal tersebut. Ternyata yang saya lakukan simple akan tetapi memrlukan sedikit waktu atau biaya. Tapi yaa.. terbayarlah dengan hasil yang dirasakan kedepannya.

Semoga penglaman yang saya alami bisa bermanfaat bagi sobat yang sedang mencari solusi dari permasalahan diatas. Sampai jumpa 

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar