Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mencegah Data Hilang Lakukan Hal Ini Sebelum Anda Menghapus Pesan Atau Menguninstal Whatsapp


Perkembangan teknologi menciptakan kemudahan dalam berbagai hal untuk membantu manusia dalam menjalani segala aktivitasnya. Salah satunya adalah mengirim pesan yang berisi file seperti gambar, suara, dokumen dan lain-lain.

Jaman dahulu sebelum lahirnya aplikasi yang bisa mengirim file orang-orang yang menggunakan digital saat mengirim file harus menggunakan email. Mengirim file via email nyatanya sampai sekarang masih banyak orang yang melakukannya meskipun terbilang agak ribet.

Selain email dahulu mengirim file juga menggunakan Multimedia Mmessaging Service (MMS). Itu juga menurut saya agak ribet karena penerima juga harus memiliki perangkat yang support dengan MMS sedangkan jaman dahulu tidak semua perangkat ponsel support atau mendukung MMS.

Setelah lahir beberapa aplikasi pengirim pesan yang kekinian dan lebih canggih maka pengiriman file menjadi sangat mudah dan praktis. Katakanlah Whatsapp dan Telegram.  Kedua aplikasi tersebut bisa mengirim file baik itu gambar, video, music dan lainnya dengan mudah meskipun keduanya memiliki karakteristik yang berbeda.

Data yang kita terima atau yang kita kirim biasanya akan tersimpan dalam sebuah folder khusus dengan nama aplikasi yang dipakai. Misalnya Whatsapp, dalam memori penyimpanan ponsel akan tercipta sebuah folder yang bernama whastapp untuk menyimpan berbagai jenis data baik itu chat, file, bahkan stiker.

Orang-orang berkomunikasi menggunakan whatsapp dan saling bertukar file akan tersimpan di telpon. Banyak kita temui dari kalangan pelajar sampai mahasiswa bertukar data melalui whatsapp dengan seseorang. Namun adakalanya kita merasa ingin membersihkan chat yang sudah tidak aktif lagi dengan tujuan agar susunan pesan terlihat rapih dan bersih. 

Masyarakat awam yang belum mengerti juga dikiranya file hilang dengan sendirinya padahal saat dia menghapus pesan atau menguninstal whatsapp secara tidak sadar telah menghapus data yang menurutnya penting.

LAKUKAN BACKUP SEBELUM HAPUS PESAN WHATSAPP

Perlu diketahui jika kita pernah menerima sebuah file yang menurut kita penting dari seseorang dan ingin menyimpannya dalam jangka waktu yang lama alangkah baiknya kalian lakukan tindakan pindah atau copy file tersebut ke folder atau penyimpanan lain. Jika tidak file tersebut akan ikut terhapus tatkala kita menghapus pesan yang pernah mengirimi kita file.

Folder whatsapp biasanya terletak di memori internal smarphone. Didalam folder whastapp terdapat beberapa folder. Semua data file tersimpan dalam folder media. Disana kita akan menemukan berbagai folder lagi baik musik, gambar atau video. Silahkan copy atau pindahkan terlebih dahulu jika diarasa file tersebut sangat penting bagimu.

Itu dia bagaimana cara mengamankan file penting dalam aplikasi whatsapp agar tidak ikut terhapus saat kita menghapus pesan seseorang atau saat menguninstak whatsapp. Saya tidak tahu apakah hal ini juga berlaku pada aplikasi lain atau tidak yang jelas saat menggunakan aplikasi apapun pengirim pesan jika terdapat data yang sangat penting alangkah baiknya segera di backup.

Posting Komentar untuk "Mencegah Data Hilang Lakukan Hal Ini Sebelum Anda Menghapus Pesan Atau Menguninstal Whatsapp "