Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat CV (Curriculum Vitae) yang Efektif

Sudah bukan rahasia lagi bahwa membuat resume harus menarik agar calon perusahaan terkesan sehingga membuka peluang untuk mendapatkan kesempatan wawancara. Tetapi, apa saja yang bisa membuat CV menonjol sehingga calon perusahaan tertarik?

Ternyata, ada sejumlah faktor yang menjadi bahan pertimbangan calon perusahaan ketika melihat resume, yaitu isi, panjang tulisan, kesesuaian, pengaturan konten, dan desain CV. 

Konten / Isi CV

Konten yang Anda sertakan atau tidak Anda sertakan bisa dengan mudah menghancurkan resume Anda. Oleh sebab itu, cara yang efektif adalah dengan menjaga agar CV tetap ringkas. Hal ini karena Manajer HRD sudah sering melihat CV, sehingga CV Anda harus bisa menarik perhatiannya supaya CV yang Anda kirimkan tidak terlewatkan begitu saja.

Cantumkan ringkasan yang singkat tentang tanggung jawabn Anda sehari-hari pada bidang pekerjaan tersebut lalu sertakan fokus pencapaian yang ingin Anda capai dari tanggung jawab tersebut pada CV.

Panjang CV

Mungkin di internet telah banyak beredar tips seputar berapa banyak jumlah halaman yang ideal untuk suatu resume. Tetapi, banyaknya halaman dari suatu CV disesuaikan dengan latar belakang dan tujuan karier seseorang.

Artikel yang menerangkan bahwa resume seharusnya hanya ada satu halaman padahal pengalaman seseorang di dunia kerja sangat banyak malah justru bisa menghilangkan kesempatan untuk masuk ke sesi wawancara. 

Jika Anda termasuk fresh graduate (lulusan baru) dengan sedikit atau tidak adanya pengalaman di bidang tersebut, maka cukup menuliskan CV pada satu halaman. Tetapi, jika Anda merupakan pertengahan karier profesioal,  maka resume Anda bisa terdiri lebih dari 2 halaman untuk mencantumkan prestasi yang telah Anda capai.

Semua orang tidak memiliki latar belakang yang sama, namun usahakan untuk membuat CV sesingkat mungkin tanpa menghilangkan informasi yang paling penting dari diri Anda.

Kesesuaian

Di zaman persaingan kerja yang makin tinggi, adalah hal penting untuk menuliskan CV secara spesifik terhadap bidang pekerjaan yang dilamar. Jadi, pastikan untuk menyoroti keterampilan Anda yang paling berhubungan dengan bidang pekerjaan yang Anda lamar. Semakin spesifik semakin baik.

Pengaturan Konten

Pengaturan konten pada CV sama-sama penting dengan isi CV. Susun resume Anda sesuai dengan informasi yang paling berkesan dan berkaitan dengan bidang pekerjaan tersebut pada bagian atas.

Desain CV

Desain resume mungkin saja terdengar sepele, tetapi bisa memiliki peran besar dalam hal peluang untuk melangkah ke sesi berikutnya, yaitu wawancara. Buat CV yang menyenangkan tetapi tetap serius. Pemakaian warna boleh-boleh saja, namun jangan sampai berlebihan karena bisa dianggap tidak profesional. Di samping tidak dianggap profesional, desain resume yang kompleks bisa mengganggu pihak HRD ketika melakukan evaluasi resume.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat CV (Curriculum Vitae) yang Efektif"