Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Seo?

Banyak blogger bertanya, apa itu seo dan apa kegunaannya untuk blog kita? Mungkin pertanyaan ini akan mudah dijawab bagi webmaster, namun bagi blogger pemula, SEO merupakan hal yang susah dimengerti dan tidak sedikit menganggapnya penuh misteri. 

Kayak film horor aja!!! Kadang seo juga bikin pusing, karena banyak blogger yang terlalu banyak berharap trafik dan link, sementara hasilnya tidak kunjung memuaskan. Itulah seo dengan daya tariknya yang sampai kini masih terlihat cantik dan selalu menggairahkan.

Pengertian seo

Sebenarnya seo itu mudah bila anda mencoba memahaminya dengan perlahan. Lalu terapkan secara perlahan pula. Karena mesin pencari lebih menyukai optimasi yang sederhana dan natural. Hal ini karena seo bukan target dan perancanaan singkat, namun untuk masa depan blog anda.

Apa Fungsi Seo?

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization (bahasa bule lurr) atau suatu cara mengoptimalkan kinerja blog pada mesin pencari, sehingga semua atau beberapa data dalam blog tersebut dapat diindeks dengan mudah oleh mesin pencari. 

Kalau menurut kawan saya, seo adalah cara untuk membuat situs atau blog kita berada pada posisi yang baik pada suatu mesin pencarian (search engine) seperti Google, Bing, dan Yahoo. Semuanya hanya fokus pada cara mengoptimasi suatu situs terhadap mesin pencari. Itu saja slurr!!! sudah mengerti kan apa itu seo? kalau begitu lanjut bacanya yaa...

Setiap kali anda mengetik kata di mesin pencari lalu menekan 'enter', maka anda mendapatkan daftar hasil pencarian berdasarkan query yang diketik. Kebanyakan pengguna menyoroti hasil pencarian pada halaman pertama dan cenderung mengunjungi situs-situs yang berada di daftar teratas, karena dianggap lebih relevan dengan query. 

Jika anda bertanya-tanya mengapa beberapa situs ini menduduki peringkat lebih tinggi dari situs lain, maka itulah hasil dari kerja optimasi web yang baik dan kuat, yang disebut Search Engine Optimization (SEO). Jadi, SEO juga dapat dikatakan teknik optimasi untuk membantu mesin pencari menemukan dan memberikan peringkat yang tinggi kepada suatu situs dari jutaan situs lainnya, lalu memunculkannya dalam hasil pencarian.

Bagaimana Search Engine Bekerja?

Seo berhubungan erat dengan Search Engine. Suatu hal penting yang perlu diketahui bahwa mesin pencari tidak manusia. Mesin pencari lebih cermat dan cerdas dalam melihat susunan situs.

Dia melakukan beberapa kegiatan pada situs untuk memberikan hasil pencarian, seperti crawling, indexing, pengolahan, menghitung relevansi, lalu mengambil, dan menampilkannya dalam hasil pencarian atau yang biasa disebut SERPs (search engine result pages). 

Pertama, mesin pencari menjelajah Web dengan sebuah software yang disebut crawler atau spider (Googlebot, seperti halnya dengan Google). Spider mengikuti link dari satu halaman ke halaman lain dan meng-indeks segala sesuatu yang mereka temukan. 

Namun crawler tidak melihat gambar, Flash, JavaScript, frame, halaman dilindungi sandi dan direktori. Jadi, jika anda memiliki ribuan atribut, ada baiknya menjalankan Spider Simulator untuk melihat apakah situs bekerja dengan baik dan dapat dilihat oleh spiderbot. Jika tidak, search engine tidak akan mengindeks dan memprosesnya untuk hasil pencarian.

Setelah halaman dijelajahi, langkah berikutnya adalah meng-indeks isinya. Isi halaman yang diindeks disimpan dalam database raksasa yang nantinya diambil kembali. Pada dasarnya proses pengideksian adalah merayapi teks yang menggambarkan halaman dan menempatkannya sesuai kata kunci yang digunakan. 

Nah dalam proses indeks inilah terkadang robot spider tidak mendapatkan halaman yang relevan dengan konten. Oleh karena itu kita harus membantunya dengan menjalankan SEO yang baik, maka robot mesin pencari akan mudah mengindeks dan mengklasifikasikan halaman web dengan benar. 

Ketika ada permintaan pencarian, mesin pencari memproses hasil indeks tadi lalu membandingkannya dengan string pencarian terhadap halaman yang terindeks dalam database. Karena ada kemungkinan bahwa lebih dari satu halaman (pasti ada jutaan halaman) berisi string pencarian yang sama, mesin pencari mulai menghitung relevansi dari setiap halaman lalu memberikan peringkat dalam hasil pencarian.

Langkah terakhir dalam kegiatan mesin pencari adalah mengambil hasil. Pada dasarnya, itu tidak lebih dari sekadar menampilkan hasil dalam hasil pencarian search engine, yaitu halaman hasil pencarian yang diurutkan dari yang paling relevan sampai situs terbawah (relevansi minimal). Inilah alasan mengapa seo itu penting bagi situs, dan yang terpenting adalah bagaimana menerapkan seo yang baik (seo genius).

Oh ya gan...kalau ada perbedaan hasil pencarian dari dua mesin pencari, itu karena masing-masing search engine mempunyai algoritma yang berbeda. Jadi kalau anda ingin memaksimalkan kinerja seo, fokus pada mesin pencari google. Hal ini karena search engine google merupakan mesin pencari terbesar dan paling banyak digunakan orang di seluruh dunia.

Sudah mengerti belum apa itu seo? Apa fungsinya bagi blog? Kalau sudah sekarang giliran anda komentar gan. Heheheheee...semoga mengerti dan selamat berpusing ria. Salam sahabat blogger.

Posting Komentar untuk "Apa itu Seo?"