Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Kalibrasi Baterai Laptop pada Macbook

Seiring dengan berjalannya waktu, prosesor pada baterai MacBook bisa mengalami kesulitan mendeteksi berapa banyak muatan yang tersisa pada baterai. Artikel ini berisi tentang cara mengkalibrasi ulang prosesor baterai MacBook agar maksimal.

1. Cas MacBook dan tunggu hingga baterai terisi penuh. Saat terisi penuh, warna lampu pada adaptor berubah dari oranye ke hijau. Anda bisa mengeceknya dengan cara membalik laptop dan menekan tombol pada baterai. Semua lampu akan berubah menjadi berwarna hijau bila terisi penuh. Atau bisa juga dengan melihat status baterai di bar.

2. Jaga agar baterai terisi penuh selama minimal 2 jam. Biarkan adaptor pengisi daya terpasang dan pastikan lampu adaptor tetap hijau. Terus bekerja seperti biasa, tetapi jaga agar komputer tetap menyala.

3. Lepaskan adaptor pengisi daya baterai (charger).

4. Lepas baterai sepenuhnya. Jaga agar komputer tetap nyala, pakai seperti biasanya, dan setelah ada peringatan low bat (baterai lemah) pastikan untuk menyimpan pekerjaan Anda jika sebelumnya Anda membuat dokumen. Setelah baterai sangat lemah, maka itu akan mati secara otomatis.

5. Tunggu 5 jam saat komputer mati. Hal ini akan menghabiskan sisa-sisa baterai terakhir dan mereset prosesor untuk mendeteksi daya baterai nol.

6. Isi ulang. Jika langkah ini telah dilakukan, maka baterai telah dikalibrasi ulang.

Itulah cara kalibrasi baterai laptop pada MacBook. Langkah-langkah tersebut perlu dilakukan saat penggunaan baterai baru untuk MacBook baru. Selain itu, cara tersebut juga perlu dilakukan secara teratur bagi yang terbiasa membiarkan MacBook ter-hare daripada menggunakan baterai pengguna.

Posting Komentar untuk "Cara Kalibrasi Baterai Laptop pada Macbook"