--> Skip to main content

2 Aplikasi Favorit Untuk Kuliah Online


Sudah kita ketahui bersama dengan adanya musibah yang saat ini terjadi terkait mewabahnya virus COVID-19 menimbulkan beberapa hambatan dalam kehidupan sehari-hari salah satunya adalah berdampak pada kegiatan belajar mengajar yang mengharuskan semua siswa melakukan kegiatan belajar dirumah. Semua aktivitas yang sehari-hari terlihat ramai di berbagai sekolah maupun kampus untuk sementara dihentikan untuk menghindari tertpaparnya virus berbahaya ini.

Bahkan yang lebih mengejutkan lagi, Ujian Nasional (UN) Untuk SD sampai dengan SMA/Sederajat ditiadakan. Sehingga kriteria penentu kelulusan bagi siswa adalah dari nilai kumulatif raport selama siswa tersebut menempuh pendidikan. 

Musibah yang terjadi saat ini menjadi kendala bagi mahasiswa khusunya mahasiswa tingkat akhir seperti saya. Disaat masa-masanya melakukan bimbingan serta penelitian yang terjadi saat ini malah terasa sulit karena kampus ditutup kemudian susah menemui dosen pembimbing. Semoga kedepannya diberi kemudahan dan jalan yang terbaik untuk menyelesaikan skripsi dan lulus tahun ini. Aamiin

Tidak seperti SD, SMP SMA. Kami, mahasiswa tetap melakukan kegiatan belajar dengan dosen meskipun tidak seefektif tatap muka secara langsung dikelas. Dengan kemajuan teknologi yang selalu membantu dalam setiap kegiatan sehari-hari, kuliah tetap bisa dilaksanakan dengan cara Online. Beberapa aplikasi yang saya dan teman-teman saya gunakan dalam kuliah online ini adalah Google Classroom dan Zoom Cloud.

1. Google Classroom
Merupakan bagian dari G Suite yang artinya terikat dengan dukungan Google  lDrive, Kelender, Jamboard, Form, Hangouts Meet, Docs, Sheets, Slide, dan juga Gmail. Artinya, semua layanan tersebut akan terhubung dalam proses pembelajaran di Classroom.


Untuk mengakses Google Classroom Silahkan klik link yang ada dibawah :

2. Zoom Cloud
Merupakan aplikasi yang digunakan untuk conference secara online dengan tetap tatap muka yang menampung maksimal 50 peserta didalamnya. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk melakukan berbagai pertemuan secara online seperti rapat, diskusi ataupun kuliah onlone. Dengan beberapa fitur yang ada didalmnya admin yang melakukan diskusi dapat menampilkan presentasinya secara langsung dilayar sehingga terlihat oleh peserta diskusi. Tak hanya itu, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk tatap muka bersama anggota keluarga atau rekan-rekan sahabt dan lainnya sesaui kebutuhan.


Untuk Mengakses Zoom Cloud Silahkan klik link yang ada dibawah :

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar