--> Skip to main content

Faktor Yang Mempengaruhi Pemilihan Jenis Pondasi Yang Akan Digunakan



Pondasi adalah suatu konstruksi pada bagian dasar struktur/bangunan (sub structure) yang berfungsi meneruskan beban secara merata dari bagian atas struktur/bangunan (upper structure) kelapisan tanah yang berada di bagian bawahnya tanpa mengakibatkan Keruntuhan tanah, dan Penurunan (settlement) tanah/pondasi yang berlebihan.

Dalam pemilihan bentuk pondasi dan jenis pondasi yang memadahi, perlu diperhatikan beberapa hal yang berkaitan dengan pekerjaan pondasi tersebut. Hal ini disebabkan tidak semua jenis pondasi dapat dilaksanakan di semua tempat.(Misal penggunaan pondasi tiang pancang pada daerah padat penduduk tentu tidak tepat meskipun secara teknis telah memenuhi syarat).

Hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih pondasi :

1. Kondisi tanah yang akan dipasangi pondasi.
2. waktu pekerjaan pondasi
3. Biaya pengerjaan pondasi.
4. Beban yang harus dipikul.
5. Fungsi bangunan, dimana bangunan penting akan dibuat dengan keamanan lebih terjamin daripada yang kurang penting.
6. Faktor Lingkungan 
Lingkungan merupakan segala sesuatu yang berada di sekitar manusia dan mempengaruhi perkembangan kehidupan manusia. Jadi, sebelum menentukan jenis pondasi bangunan perlu memperhatikan situasi lingkungan sekitar demi kelancaran pengerjaannya dan tentunya tanpa mengganggu lingkungan sekitar. Situasi lingkungan yang di maksud disini meliputi kondisi bangunan sekitar dan lokasi bangunan proyek.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar